Ketahui Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi nya

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Manfaat Cokelat bagi kesehatan

Cokelat? siapa yang tidak menyukai makanan yang terbuar dari biji kakao ini? Cokelat miliki cita rasa yang khas. Ia dapat disajikan dalam berbagai bentuk makanan, bagi sebagai cokelat saja.  atau dikombinasikan dengan makanan lainnya, seperti tambahan membuat cake, tambahan membuat susu, tambahan membuat kue kering, dan lain-lain.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Selain memberikan rasa yang nikmati bagi mulut yang memakannya. Cokelat juga memberikan manfaat kesehatan yang tinggi bagi tubuh kita. Karena kandungan gizi cokelat memang telah terbukti memberikan dampak yang baik bagi kesehatan manusia.

Kandungan Gizi Cokelat

Manfaat cokelat karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi. zat flavonoid dan fenol yang terkandung dalam cokelat kadarnya tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Sehingga, dengan mengkonsumsi cokelat maka tubuh dapat terlindung dari radikal bebas.

Zat fenol dalam cokelat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada darah. Sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Seperti stroke, serangan jantung, darah tinggi dan lain-lain.

Cokelat juga mengandung beberapa vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, di antaranya  Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, VItamin D dan Vitamin E. Sementara itu ada zat-zat yang penting bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium. Manfaat adanya magnesium dalam cokelat adalah berperan untuk pencegahan beberapa macam penyakit, seperti sakit hipertensi, sakit jantung,  diabeete, sendi, dan juga bisa membantu mengatasi masalah pada wanita ketika sedang datang bulan.

Kandungan Gizi Cokelat
Kandungan Gizi Cokelat

Meskipun cokelat mengandung manfaat yang banyak, namun kita juga sering mendengar bahwa cokelat dianggap sebagai salah satu makanan yang bisa menyebabkan kerusakan gigi dan diabetes. Anggapan itu memang bisa dimaklumi, karena cokelat yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai pilihan. Ada yang murahan ada juga yang mahal. Cokelat yang murah inilah sebenarnya yang memungkinan merusak gigi. Mengapa bisa begitu? Karena pada cokelat murahan kandugan kakaonya hanya sedikit, sekitar 20 persen atau bahkan di bawah itu. Dalam cokelat murahan yang lebih banyak adalah kandungan gulanya. Gula yang terlalu banyak inilah yang bisa menyebabkan kerusakan gigi dan diabetes.

Jadi bagi kamu yang menginginkan cokelat yang aman, bagi kesehatan dan agar tidak memiliki resiko kerusakan gigi atau diabetes.  Konsumsinya cokelat yang memiliki kandungan kakao lebih banyak, bukan gulanya yang lebih banyak. Mahal sedikit tidak apa-apa, karena memang sudah hukumnya bahwa ada harga ada kualitas.

Itulah penjelasan mengenai manfaat cokelat bagi kesehatan. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang kandungan gizi cokelat serta bisa memilih mana cokelat yang baik bagi kesehatan dan mana cokelat yang beresiko merugikan kesehatan. salam sehat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *