Ketahui Buah Jambu Air yang penuh kandungan gizi dan manfaat

admin October 9, 2012 0


Jambu Air

Buah yang satu ini tentu saja tidak asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Hal ini dikarenakan buah Jambu Air memang berasal dari Asia tenggara, meskipun memiliki banyak sekali varian. Salah satunya adalah varian warna yang beragam, mulai dari putih, merah muda, merah tua dan hijau. Jambu air pada umumnya dimakan secara segar atau menjadi salah satu dari bagian rujak yang paling dinantikan. Selain itu buah jambu air dapat pula dibuat asinan dan sirup. Selain penyajiannya yang beragam dalam hal konsumsi, buah jambu air juga mengandung manfaat bagi tubuh yang luar biasa karena kaya akan kandungan gizi.

kandungan gizi jambu air

Kandungan gizi dan manfaat buah jambu air bagi tubuh manusia

Beberapa dari kita seringkali melihat jambu air sebagai buah yang murah dan tidak berkelas, namun buah ini ternyata memiliki manfaat yang tinggi. Dibawah ini adalah kandungan dan manfaat yang ada dalam jambu air, yakni:

  1. Air

Jambu biji mengandung banyak air. Bahan ini dibutuhkan tubuh secara mutlak, utamanya digunakan untuk metabolisme tubuh. Kekurangan air dapat mengganggu fungsi banyak organ tubuh, utamanya ginjal yang menyebabkan kotoran tidak bisa terdorong keluar dari tubuh dengan maksimal. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal. Manfaat jambu air adalah bisa memenuhi kebutuhan air tubuh karena kandungan airnya mencapai 93% dari setiap buahnya. Ini berarti dalam 100 gram buah jambu air, terkandung sekitar 93 gram air. Kandungan air inilah yang menyebabkan tubuh anda menjadi terasa segar.

  1. Vitamin A

Jambu air mengandung vitamin A yang cukup tinggi di dalamnya. Vitamin A ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beberapa hal, diantaranya adalah kesehatan mata dan meningkatkan imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang merupakan antibodi dan antivirus.

  1. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C dalam jambu air juga cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram jambu air, terdapat vitamin C sebesar 22 mg yang hampir setara dengan jeruk mandarin. Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan zat besi, dan memperbaiki mutu sperma dengan mencegah radikal bebas merusak pembungkus sperma.

Kandungan gizi dalam jambu air sebenarnya tidak hanya terbatas pada tiga zat diatas, namun juga mengandung serat yang tinggi, mineral berupa kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, protein, asam sitrat dan asam sulfuric.

Kekurangan buah jambu air

Meskipun buah jambu biji ini memiliki manfaat beragam, namun juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah mudah busuk dan tidak tahan lama karena mengandung banyak air. Oleh karena itu terbaik adalah mengonsumsinya langsung setelah dipetik dari pohon. Seandainya anda membeli dari pasar atau supermarket, anda perlu memperhatikan dengan baik bagian kulit yang mulus dan lembab namun tidak lembek. Selain itu, terkadang ada ulat di dalam daging buahnya, jadi lebih baik dibelah dan dicuci dulu sebelum dimakan. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://bakulatz.wordpress.com/2012/01/31/manfaat-buah-jambu-air/

 

Leave A Response »