Ketahui besarnya manfaat buah kelapa untuk manusia

admin October 13, 2012 0


Manfaat kelapa

Pohon kelapa adalah pohon yang bisa dikatakan tertinggi dewasa ini, bisa mencapai 30 meter lebih. Kelapa sering disamakan dengan manfaat yang besar bagi sekitarnya. Memang bisa jadi demikian, tanaman ini adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia.  Pohon kelapa bisa tumbuh dimana saja, mulai dari pantai dengan elevasi 0 meter dari permukaan laut hingga di pegunungan dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Tanaman ini adalah tanaman khas Indonesia yang beriklim tropis dan berupa kepulauan sehingga memiliki garis pantai yang panjang.

Tamanan ini mulai dari ujung daun hingga ujung akar bermanfaat semua. Terutama buah kelapa yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Dengan kulit keras dan daging berwarna putih, buah kelapa ini dapat digunakan untuk mengobati keracunan. Konsumsi buah dan air kelapa ketika tidak sengaja mengkonsumsi makanan basi atau kadaluwarsa dapat menetralkan racun yang ada. Bahkan air kelapa biasa diberikan kepada mereka yang entah sengaja atau tidak meminum racun serangga, sebagai pertolongan pertama. kelapa

Manfaat buah kelapa yang luar biasa

Tidak hanya untuk pertolongan pertama pada keracunan, buah kelapa bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, yakni TBC, wasir, luka bernanah hingga gangguan kelelakian. Penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik menyatakan bahwa buah kelapa dapat digunakan untuk menyembuhkan disentri dan kolera. Buah dan sari kelapa juga diyakini dokter gigi dapat mencegah gigi berlubang. Kandungan daging buah kelapa sangat kaya akan protein.

Bahkan pada beberapa kandungan protein buah kelapa lebih bagus daripada protein kacang-kacangan. Protein tersebut antara lain asam amino, lisin dan theronin yang merupakan protein yang dapat menguatkan kekebalan tubuh dan menangkal berbagai macam virus. Hal ini termasuk hasil olahannya, yakni santan yang juga mengandung banyak protein. Bahkan proses sentrifugasi santan yang menghasilkan Virgin Coconut Oil (VCO) mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

Manfaat kelapa muda

Buah kelapa yang banyak dimanfaatkan orang utamanya dalam hal menjaga kesehatan adalah kelapa muda. Daging buah maupun air kelapa sangat menyehatkan. Rasa air dan daging buah kelapa ini memang enak menyegarkan dan juga mengandung gizi tinggi dibandingkan kelapa tua. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah kelapa, ada baiknya memilih buah kelapa yang tidak terlalu muda, namun juga tidak terlalu tua. Pada umumnya, buah kelapa seperti ini kuitnya berwarna hijau terang. Kandungan gizi dalam buah kelapa muda adalah karbohidrat, kalsium, protein, kalium, magnesium, besi, vitamin C dan fosfor.

Kandungan vitamin C dalam air kelapa sangat tinggi. Gizi yang terkandung di dalam air dan daging buah kelapa ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sakit perut atau diare, melancarkan pencernaan dan mengobati disentri. Air kelapa muda juga mengandung banyak mineral bermanfaat seperti asam folat, asam pantotenat, asam nikotonat serta biotin. Beberapa jenis asam amino juga terkandung dalam air kelapa muda, seperti serin, alin, alanin, arginin dan sistin. Untuk penderita diabetes tidak perlu khawatir, air kelapa aman diminum, asalkan tidak dicampur gula lagi. Air kelapa sudah mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa dan inositol serta sorbitol. Pada beberapa kasus dehidrasi, air kelapa muda dapat dijadikan pertolongan pertama.

 

Perawatan kecantikan dengan buah kelapa

Air dan daging buah kelapa sangat baik untuk wanita, utamanya dalam hal perawatan kecantikan kulit supaya lebih segar. Air kelapa bahkan dapat digunakan sebagai penghilang kerutan wajah dan bekas jerawat atau komedo. Dalam merawat wajah dan tubuh, air kelapa dapat diusapkan atau dibuat sebagai pencuci muka. Melakukan perawatan dengan pencucian wajah dengan air kelapa secadra rutin dapat membuat wajah menjadi lebih sehat, merona, bersih dan segar. Tentu saja jika ini sudah terpenuhi, maka wajah wanita akan bertambah cantik dan awet muda.

Air dan daging kelapa muda digunakan juga untuk melakukan pengobatan berupa gurah. Gurah dengan buah kelapa muda berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan membuat menjadi lebih jernih dan bersih. Pada umumnya para penyanyi dan artis menggunakan buah ini untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan kualitas suaranya. Caranya pun tidak rumit, yakni dengan mengkonsumsi air kelapa dan daging buahnya secara rutin tiap hari.

Selain dua hal diatas, buah kelapa muda juga dapat digunakan untuk merawat telapak kaki pecah-pecah, bau kaki dan problem kaki yang lain. Supaya kaki terlihat halus, bersih dan indah, ada cara yang bisa dilakukan dengan kelapa. Cara tersebut adalah dengan merendam kaki selama beberapa saat di dalam larutan air kelapa muda dan garam. Hasil yang lebih baik bisa didapat dengan santan. Terapi ini dapat dilakukan dua atau tiga hari sekali.

Membuat ramuan dari buah kelapa

Setelah dibahas mengenai kecantikan luar, saatnya kelapa muda digunakan untuk kecantikan dalam wanita, yakni kesehatan itu sendiri. Selain dikonsumsi langsung, anda dapat pula mengolah kelapa muda menjadi beberapa ramuan yang baik digunakan untuk kesehatan, baik pria maupun wanita.

Pertama adalah pilih kelapa yang belum terlalu tua, namun juga tidak terlalu muda. Lalu bakar kelapa ini diatas tungku paling tidak selama 30 menit. Jika sudah, parut kelapa yang ada dan ambil santannya. Anda bisa mencampurnya dengan tanaman obat yang lain seperti daun sirih dan daun sambiloto. Santan yang dihasilkan dari kelapa bakar dicampur rempah lainnya ini dipercaya dapat mengatasi penyakit seperti flu, sakit perut, bahkan hingga lemah syahwat bagi pria.

Ehm, satu lagi untuk perawatan kecantikan luar, anda dapat menggunakan ramuan kelapa sebagai luur. Caranya adalah dengan memarut kelapa yang sudah cukup tua, lalu setelah itu dicampur dengan baby oil atau minyak esensial untuk mengurangi bau pada parutan kelapa. Setelah itu anda dapat menggunakannya sebagai lulur seperti umumnya. Gunakan selalu sebelum mandi sehingga kulit anda dapat menjadi halus dan lembut.

Untuk Anda yang sangat menjaga keremajaan kulit, Anda juga bisa menggunakan kelapa sebagai ramuan lulur. Caranya parut kelapa yang sudah cukup tua, dan campur dengan baby oil atau minyak essential untuk menteralisir baunya. Gunakan secara rutin sebelum mandi. Kulit Anda pun akan tampak lebih segar. Semoga bermanfaat.

referensi : http://semuaitubermanfaat.blogspot.com/2012/01/manfaat-buah-kelapa.html

 

Leave A Response »