Ketahui apa Penyebab terjadinya radang tenggorokan

admin November 5, 2012 0


Penyebab radang tenggorokan

Radang tenggorokan sama halnya seperti flu juga disebabkan oleh adanya virus pada tenggorokan. Virus ini berperan sekitar tiga perempat bagian untuk melumpuhkan fungsi tenggorokan. Sisanya adalah hadirnya bakteri dan kekebalan tubuh yang lemah dan berada pada fase yang buruk. Asupan gizi yang baik dan seimbang harus segera masuk ke dalam tubuh supaya virus tersebut dapat diserang balik dan tubuh anda dapat kembali sehat seperti semula.

penyebab radang tenggorokan

Virus penyebab radang tenggorokan

Virus yang menyerang manusia dan mengakibatkan radang tenggorokan adalah virus EBV yang menumpang pada bakteri Streptokokus. Identifikasi virus ini oleh dokter sangat mudah jika virus ini menyerang tenggorokan anda. Tenggorokan akan memerah dan saluran limfa pada tenggorokan akan membengkak. Selain virus EBV, virus Coxsackie juga mengakibatkan radang tenggorokan. Virus ini biasanya ada pada tangan, kaki dan mulut. Maka dari itu kita harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan. Selain itu kita harus meningkatkan kekebalan tubuh dengan makanan yang bergizi, tidur cukup dan olahraga seperlunya. Jika kekebalan tubuh bagus, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Terlalu sering terkena penyakit dapat membuat tubuh semakin rentan terhadap penyakit yang lebih berbahaya dari sebelumnya.

Penyakit flu dapat menyebabkan radang tenggorokan

Hubungan radang tenggorokan dan flu bukanlah suatu yang tanpa alasan. Keduanya adalah penyakit saluran pernafasan yang bisa saling mempengaruhi. Flu bisa mempengaruhi radang tenggorokan, begitu pula sebaliknya. Pada saat flu, produksi lendir pada hidung dan mulut meningkat. Hal ini secara tidak langsung akan membuat tenggorokan anda iritasi. Iritasi ini dapat membuat tenggorokan berwarna merah dan terasa perih dan pedih saat makanan dan minuman melewatinya.

Penyebab lain radang tenggorokan adalah rokok dan alergi

Memang kedua hal tersebut tidak ada hubungan langsung dengan tenggorokan. Akan tetapi nyatanya asap rokok yang masuk ke saluran tenggorokan dapat membuatnya iritasi. Apalagi suhu asap rokok saat masuk ke tenggorokan termasuk masih lebih tinggi dibandingkan tenggorokan itu sendiri. Oleh karena itu ada baiknya anda menjauhi rokok dan membuat hidup anda aman dan nyaman tanpa adanya ketergantungan pada suatu benda. Demikian pula dengan alergi, dimana seringkali menyerang tenggorokan, meskipun pada kasus yang jarang terjadi. Umumnya sering terjadi pada alergi debu.

Pengobatan dan perawatan radang tenggorokan

Gejala penyakit seringkali tampak seperti gejala flu biasa. Saat terjadi radang tenggorokan, banyak orang yang menganggap bahwa itu adalah gejala flu biasa. Gejala awal radang tenggorokan adalah seperti flu biasa, yakni tenggorokan terasa perih. Namun itu bukan perih biasa karena flu tidak harus ada peradangan pada tenggorokan. Gejala flu akan hilang dalam waktu yang singkat jika orang yang terjangkit memiliki sistem imunitas yang bagus dan lingkungan yang sehat. Ketika gejala flu datang, justru dianjurkan untuk makan yang cukup, istirahat dan juga olahraga. Pada saat olahraga, jantung dan paru-paru bekerja keras mendistribusikan oksigen. Olahraga meningkatkan imunitas tubuh, oleh karena itu gejala flu cepat hilang. Olahraga juga merupakan detoksifikasi, sehingga tubuh menjadi segar.

Namun radang tenggorokan akan menyiksa anda, dimana anda tidak akan leluasa menyantap makanan apapun. Menelan adalah hal yang sangat menyakitkan bagi penderita radang tenggorokan. Anda akan kehilangan nafsu makan karena ketidaknyamanan tersebut. Maka dari itu tubuh anda akan kehilangan asupan gizi dari makanan yang seharusnya anda konsumsi. Jika ini terjadi maka kondisi daya tahan tubuh anda akan menurun dan jika tidak segera diobati dapat membuat anda kehilangan berat badan banyak dalam waktu singkat. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, yakni dengan tetap berusaha memasukkan makanan bergizi ke dalam tubuh. Anda bisa mencoba meminum minyak zaitun dengan minum 1 sendok makan setiap 4 jam sekali. Kandungan mineral dan zat besi di dalam minyak zaitun setidaknya dapat membantu asupan gizi.

Sedangkan untuk karbohidrat, anda dapat memakan bubur yang terbuat dari beras atau oat yang dicampur telur. Anda harus memaksakan diri untuk makan supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Buah-buahan segar dapat anda jadikan jus untuk menambah vitamin dan mineral di dalam tubuh. Istirahat yang cukup dan tidak beraktivitas yang membutuhkan energi besar adalah hal yang mutlak dilakukan. Jika dalam dua hari tidak ada perubahan atau bahkan makin parah, maka ada baiknya anda anda harus mengunjungi dokter supaya dapat diperiksa apakah ada penyakit lain yang menyertai dan bagaimana cara pengobatannya. Namun jika dalam dua hari ada perkembangan, yakni rasa sakit yang semakin tidak terasa, maka anda dapat meneruskan asupan makanan diatas sampai benar-benar sembuh.

referensi : http://www.anneahira.com/sakit-radang-tenggorokan.htm

 

Leave A Response »