Kesehatan Mata – Apa Yang Terjadi Saat Manusia Mengedipkan Mata?

mata sehat mengedipkan mata

mata sehat mengedipkan mata
Apabila kita naik mobil sewaktu turun hujan, maka mobil yang kita naiki harus mempunyai wiper yang bekerja baik. Wiper tersebut bekerja membersihkan tetesan air hujan pada kaca sehingga tidak mengganggu pandangan pengendara mobil. Tetapi tahukah Anda bahwa wiper yang terbaik di dunia ini adalah apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita?

Kelopak mata kita yang bergerak ke atas dan ke bawah adalah wiper alam kita dan hal itu terjadi kalau manusia melakukan gerakan mata mengedip. Kelopak mata kita dapat digerakkan oleh otot-otot. Gerakan mengedipkan mata berlangsung sangat cepat sekali, sehingga penglihatan manusia tidak terganggu.

Kelopak mata kita bergerak secara otomatis, persis seperti wiper mobil saat dijalankan. Morris Meister menyatakan manusia mengedipkan mata setiap enam detik. Hal ini berarti selama hidup kita, kita menggerakkan kelopak mata sebanyak 250 juta kali. Pada sebagian orang yang memiliki masalah dengan kekeringan mata, mereka memiliki kebiasaan mengedipkan mata lebih sering daripada manusia normal.

Apakah alasan mengedipkan mata adalah penting bagi kesehatan mata kita? Salah satu alasannya adalah ada hubungannya dengan kelopak mata. Di pinggir kelopak mata manusia terdapat sederet rambut halus. Fungsinya adalah menahan debu yang mungkin masuk ke mata kita. Bisa kita bayangkan bila debu tersebut masuk ke dalam mata, maka akan menimbulkan beragam penyakit mata.

Manfaat Mengedipkan Mata Bagi Kesehatan Manusia

Apabila kita berjalan di bawah guyuran hujan, kelopak mata kita secara otomatis akan menutup. Kelopak mata manusia dalam hal ini berfungsi menahan benda yang akan masuk ke dalam mata. Alis mata bertugas membelokkan aliran air hujan atau keringat ke samping mata sehingga tidak masuk ke dalam mata. Manfaat mengedipkan mata yang utama adalah pembasahan mata secara otomatis.

Mata yang kondisinya terlalu kering akan mudah terserang beragam penyakit mata. W.L. Beauchamp dalam buku Science Problems menuliskan bahwa pada pinggir kelopak mata terdapat 20-30 kelenjar kecil. Kelenjar ini terletak diantara pangkal bulu mata. Setiap kita menutup mata, maka akan keluar air dari kelenjar ini. Air ini membasahi pinggir kelopak mata dan bulu mata sehingga mata tetap basah.

Beginilah cara air mata manusia mengalir. Pada kedua mata kita terdapat kelenjar air mata dan disanalah tersimpan air mata. Setiap kita menutup mata, air mata mengalir ke kelopak mata kita dan terus mengalir keluar. Dengan demikian mata kita tetap basah karena air mata. Dapat dikatakan bahwa mata manusia menangis setiap manusia tersebut menutup mata dalam gerakan berkedip.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *