Kerugian kesehatan yang diakibatkan dari merokok

Kerugian kesehatan yang diakibatkan dari merokok

Dewasa ini rokok telah menjadi gaya hidup bagi pria dan wanita, terutama di negara-negara berkembang. Bahkan dalam sebuah penelitian, usia pertama merokok telah turun drastis dari remaja menjadi anak-anak. Kebiasaan merokok ini memang mengakibatkan banyak masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan hingga kanker. Meskipun di dalam tembakau yang berwujud sebatang rokok terkandung kerugian yang nyata dan banyak orang yang menyadarinya, namun seluruh orang di dunia masih terus menghisap milyaran batang rokok per harinya. Di Indonesia, jumlah perokok menduduki peringkat ketiga di dunia.
Kerugian kesehatan yang diakibatkan dari merokok
Zat yang terkandung dalam rokok termasuk dalam zat yang berbahaya. Salah satunya adalah nikotin sebagai zat utama. Selain nikotin masih ada 7000 lebih jenis bahan kimia tambahan yang mungkin digunakan oleh perusahaan rokok untuk menambah kenikmatan rokok. Tembakau sendiri sudah memiliki bahan yang benar-benar berbahaya jika terbakar. Meskipun ada prosedur yang harus dilewati oleh tembakau untuk membuang zat berbahaya tersebut, namun sangat diragukan apakah pabrik rokok melakukan hal tersebut dikarenakan biaya produksinya akan meningkat.

Dalam asap rokok sendiri terkandung 4000 jenis zat kimia yang bersifat arsenik. Menghirup asap rokok dapat menyebabkan kanker, meskipun bukan perokoknya atau biasa disebut perokok pasif. Perokok pasif juga mendapatkan resiko buruk dari asap rokok jika mereka ikut menghisapnya. Tampaknya memang tak adil, tidak merasakan nikmatnya, namun kebagian penyakitnya. Untuk itu secara etika perokok tidak dibenarkan merokok di dekat orang yang tidak merokok. Secara hukum pun sudah banyak larangan untuk tidak merokok di tempat umum, namun sekali lagi, hukum sangat jarang ditegakkan.

Penyakit yang ditimbulkan dari merokok cukup banyak sekali, namun yang diketahui kaitannya secara ilmiah baru beberapa. Yang pertama adalah kanker paru-paru. Asap yang dihisap perokok, baik aktif maupun pasif mengandung zat karsinogenik yang dapat merusak paru-paru. Kanker paru-paru adalah kanker yang paling umum bagi orang yang merokok. Dalam banyak kasus, kanker paru-paru menyebabkan kematian sangat cepat. Yang kedua adalah penyakit jantung. Penyakit ini yang paling banyak jumlahnya daripada kanker paru-paru. Nikotin adalah sebabnya. Nikotin menyebabkan detak jantung meningkat dan kebutuhan oksigen tinggi, namun secara bersamaan paru-paru hanya diisi asap rokok yang mengandung karbon monoksida. Zat ini menghalangi distribusi oksigen ke organ-organ tubuh lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh merokok seperti Emfisema atau paru-paru yang kehilangan elastisitas. Pneumonia, katarak, kanker serviks, berkurangnya kesuburan pada manusia, gangguan hati dan ginjal adalah sekian banyak daftar penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Meskipun begitu, banyak orang yang sulit berhenti merokok karena sifat rokok yang mencandu atau adiktif. Untuk berhenti merokok memang harus disertai niat yang kuat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *