Kenali Manfaat Kedelai bagi tubuh

gambar kedelai

gambar kedelai

Biji kedelai adalah salah satu jenis biji-bijian yang digunakan sebagai bahan makanan yang menjadi bahan dasar makanan yang berasal dari Asia sebelah timur. Kedelai banyak digunakan sebagai bahan dasar makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, yakni tahu dan tempe yang merupakan lauk sejuta umat. Tahu dan tempe sendiri dibuat dengan kedelai putih yang merupakan tanaman yang berasal dari China dan Jepang bagian selatan. Sedangkan kedelai hitam berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini sudah menyebar luas ke seluruh dunia, bahkan hingga ke Amerika Serikat yang saat ini menjadi pengekspor kedelai terbesar di dunia.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai varian kedelai putih yang dibudidayakan di Indonesia. Mereka ini diantaranya adalah ringgit, lokon, darros, wilis, dan orba. Salah satu jenis kedelai yang memiliki biji lebih besar dan berwarna hijau, diberi nama Edamame, yang baru saja masuk dan belum lama dikenal di Indonesia. Edamame ini merupakan salah satu jenis kedelai yang berasal dari negara Jepang. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengonsumsi hasil olahan kedelai terbesar di dunia. Kedelai sudah menjadi kebutuhan yang paling pokok bagi kebutuhan makan sehari-hari. Kedelai merupakan sumber gizi paling utama di Indonesia, terbukti bahwa kita negara pengimpor kedelai paling besar di dunia, karena kebutuhannya yang sangat tinggi. 

Kedelai merupakan bahan pangan yang memiliki sumber protein yang besar dan bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam hal memenuhi kebutuhan protein dari makanan. Manfaat utama dari biji kedelai adalah protein dan lemak tak jenuh serta sumber gizi penting lainnya seperti vitamin, asam fitat dan lesitin yang berguna bagi pertumbuhan manusia. Kedelai dapat diolah menjadi tahu putih lunak atau tofu, sebagai bumbu atau saus penyedap masakan, tempe, susu kedelai, tepung kedelai, minyak, tauco, serta makanan ringan. Dalam mengolah kedelai menjadi tempe, dilakukan beberapa tahap proses pengolahan dan bukan merupakan pengolahan yang mudah, serta membutuhkan waktu selama beberapa hari untuk mengolahnya namun menghasilkan olahan yang lebih tinggi protein daripada kedelai itu sendiri.

manfaat kedelai

Kandungan yang terdapat di dalam olahan kedelai dapat mencegah pengapuran dengan melawan kolesterol jahat. Sebagai contoh adalah susu kedelai juga berfungsi dalam membentuk kandungan tulang baru dan menguatkannya, mengatur fungsi otot, melancarkan peredaran darah, dan mengontrol kandungan asam lemak dalam usus. Untuk orang dewasa yang berniat menurunkan berat badan atau diet, susu kedelai sangat baik dijadikan pilihan dalam melancarkan pencernaan. Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa susu kedelai mengandung polisakarida yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial, sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah yang berlebih dalam tubuh. Nah, masihkah anda menganggap olahan kedelai itu sepele dan tidak layak dikonsumsi? Ubah pikiran anda sekarang juga. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *