Kenali Gejala hipertensi yang bisa berujung maut

Tips menjaga kesehatan jantung kita

Penyakit Hipertensi Jantung

Penelitian menunjukkan, sekitar 75 persen penderita hipertensi berujung pada kegagalan jantung atau disebut sebagai penyakit jantung hipertensi. Sedangkan penyakit jantung sendiri dianggap dinobatan sebagai pembunuh manusia terbesar sejak abad 20 hingga sekarang ini. Hipertensi menjadi faktor resiko utama penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah bersama dengan diabetes mellitus, hipercholesterol dan merokok. Namun tidak banyak penderita penyakit ini yang menyadarinya dan baru sadar mengidap penyakit jantung saat jantungnya sudah lelah bekerja memompa darah dengan tekanan ekstra kuat.

Tercatat ada sekitar 1 miliar orang atau ΒΌ orang dewasa menderita hipertensi di seluruh dunia. Penyakit ini tampaknya sederhana namun dapat merusak organ vital manusia seperti mata, otak, ginjal, jantung dan lain sebagainya. Hal ini membuat biaya pengobatan yang dikeluarkan juga luar biasa besar. Apalagi seringkali di Indonesia keganasan hipertensi belum terlalu disadari dan tidak diiringi dengan pengobatan yang memadai. WHO melansir data yang mengatakan bahwa 50 persen penderita hipertensi yang diketahui, hanya 25 persen diantaranya yang mendapatkan pengobatan. Hanya 12,5 persen dari presentasi tersebut yang memperoleh pengobatan layak dan baik.

Tips menjaga kesehatan jantung kita

Gejala hipertensi berujung maut

Jika seseorang mengalami gejala berikut ini, maka perlu waspada. Yakni:

  1. Sakit kepala

Sakit kepala pada penderita hipertensi disebabkan karena adanya penyempitan atau pembengkakan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menjadi terhambat. Hal ini membuat oksigen yang seharusnya ke otak menjadi terhambat. Untuk mengurangi rasa sakit, segera minum air putih yang banyak sehingga darah bisa segera mengalir.

  1. Sakit atau nyeri di dada

Nyeri pada dada ini disebabkan bagian otot jantung tidak menerima pasokan darah sehingga terasa nyeri. Jika aktivitas anda sudah tidak merasa nyaman karena nyeri pada bagian dada, sebaiknya anda perlu waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Jantung berdebar kencang

Karena jantung bekerja ekstra keras, ,maka terasa berdebar dengan denyut yang cepat. Debaran jantung yang cepat ini merupakan suatu pertanda bahwa ada kemungkinan penyakit jantung akibat hipertensi.

  1. Sakit di tengkuk

Sama seperti pusing, sakit di tengkuk juga diakibatkan peredaran darah yang terganggu.

  1. Mudah lelah

Penderita hipertensi akan merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan hal yang berat. Kelelahan ini disebabkan adanya pasokan darah yang berkurang sehingga jantung menjadi lemah dan proses pemompa darah tidak berjalan semestinya.

  1. Penglihatan kabur

Penglihatan kabur disebabkan tekanan darah terlalu tinggi menekan bagian-bagian saraf pada mata. Pada jangka panjang dan kasus-kasus tertentu, hipertensi ini bisa menyebabkan kebutaan.

  1. Mimisan atau pendarahan pada hidung

Mimisan ini adalah pendarahan pada dinding hidung karena pembuluh darah yang tidak kuat menahan tekanan tinggi. Namun ini hanya bisa menjadi gejala jika disertai gejala lain diatas.

Ketujuh hal diatas merupakan gejala-gejala dari hipertensi yang dapat mengarah pada penyakit jantung. Jadi harus segera diperiksakan ke dokter atau tenaga medis terdekat. Semoga bermanfaat. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *