Kenali beberapa Gejala penyakit jantung pada wanita

Gejala penyakit jantung pada wanita

Gejala penyakit jantung pada wanita

Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja, namun paling banyak menyerang pria. Hal ini membuat kaum wanita mengabaikan gejala penyakit ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dokter seringkali memberikan sedikit pemeriksaan, jarang menindaklanjuti, perawatan ala kadarnya dan sedikit pembedahan pada wanita. Hal inilah yang memungkinkan bahwa serangan jantung bisa lebih mematikan pada wanita jika dibanding pada pria. Maka dari itu kita harus mengetahui gejala penyakit jantung yang menyerang wanita berikut ini. Gejala penyakit jantung pada wanita

Terjadi kesulitan bernafas

Jika anda mengalami sesak nafas saat duduk atau tidur, tentu saja ada yang salah. Gejala sesak nafas disertai dengan keringat dingin dan pusing ini merupakan tanda serangan jantung. Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan pingsan mendadak.

Lemas secara tiba-tiba

Jika anda merasa lemas dan lelah tiba-tiba ketiak mengalami tekanan berat tentu itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi jika anda merasa lemah dan lemas tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu merupakan ciri penyakit jantung dan atau kecenderungan mengalami serangan jantung. Pada saat tersebut jantung anda akan memompa dengan tidak beraturan. Hal ini menyebabkan oksigen dan glukosa menyebar ke seluruh tubuh tidak dengan sempurna. Hal inilah yang membuat anda menjadi tidak bertenaga.

Sulit tidur atau insomnia

Sulit tidur juga merupakan gejala penyakit jantung yang banyak dialami oleh kaum wanita. Gangguan tidur akan mengakibatkan saluran pernafasan atas terblokir. Ini menyebabkan saluran pernafasan terganggu dan membuat serangan jantung lebih mungkin terjadi. Wanita mengalami hal ini setidaknya sebulan sebelum serangan jantung, demikian menurut hasil penelitian. Jika anda sering terbangun tengah malam dengan keringat dingin dan sesak nafas, maka anda harus berkonsultasi ke dokter.

Terjadi gangguan pencernaan

Wanita memiliki resiko dua kali lebih besar untuk mengalami mual, muntah dan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini bisa terjadi beberapa bulan menjelang serangan jantung. Kondisi ini terjadi karena adanya sumbatan lemak pada pembuluh arteri yang menghalangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada, bisa juga terjadi di perut. Cara untuk mengurangi resiko tentu saja adalah dengan mengurangi kadar lemak dalam darah, menjaga kolesterol, menjaga tekanan darah, tidak merokok, menghindari makanan berlemak, konsumsi sayuran dan buah yang banyak. Selain itu ada baiknya melakukan olahraga ringan yang rutin serta menghindari stres berlebihan.

Sebagain tubuh tidak terasa nyaman

Serangan jantung pada umumnya menyerang dan mengakibatkan efek pada bagian kiri tubuh, utamanya lengan dan dada kiri. Maka dari itu salah satu ciri penyakit jantung ini adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada lengan kiri atau kedua lengan. Sakit ini terasa tidak terlalu parah namun membuat tidak nyaman. Hal ini juga sering terjadi pada rahang, leher, punggung dan perut.

Demikian penjelasan kami mengenai gejala penyakit jantung pada wanita. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *