Kebiasaan mencuci tangan untuk menjaga kesehatan

cara membiasakan mencuci tangan agar sehat

Cuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh kita. Ini dapat mencegah penyebaran penyakit karena tangan seringkali menjadi perantara masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh kita. Sebagai contoh adalah jika seorang penderita flu bersin, tentu ia akan menutup hidungnya dengan tangan. Setelah itu ia memegang pengangan yang ada di dalam bus. Saat orang tersebut beranjak ke tempat lain, anda memegang pegangan bus tepat di tempat orang tersebut memegang. Apabila anda memegang hidung dan mulu, kuman tersebut bisa masuk ke dalam tubuh anda. Itulah contohnya, tidak hanya terbatas pada penyakit flu saja, penyakit lainnya juga bisa ditularkan dengan cara yang serupa di tempat yang berbeda.
cara membiasakan mencuci tangan agar sehat
Sudah sering dikampanyekan di media cetak maupun elektronik bahwa cuci tangan itu dapat mencegah penyakit. Bahkan iklan sabun pun menggunakan teknik pemasaran ini. Namun masih banyak diluar sana yang tidak mencuci tangan atau mencuci tangan dengan tidak benar. Padahal mencuci tangan yang baik dan benar dapat membuat hidup anda menjadi lebih sehat dan berujung pada produktifitas tinggi. Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar itu? Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Gunakan air mengalir untuk membasahi tangan.
2. Tambahkan sabun cair secukupnya agar bisa mencakup seluruh tangan anda, usahakan sabunnya mengandung antiseptik.
3. Gosok secara merata pada kedua telapak tangan.
4. Gosok sabun hingga ke ujung jari dan perhatikan pada bagian kuku jari anda.
5. Gerakkan punggung jari anda saling mengunci antara tangan kiri dan kanan.
6. Usap telapak kiri dengan gerakan memutar dengan ibu jari sebelah kanan, lakukan juga sebaliknya.
7. Gosok punggung jari kanan dengan telapak tangan kiri, lakukan juga sebaliknya.
8. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri, lalu lakukan gerakan memutar, lakukan juga sebaliknya.
9. Siram dengan air mengalir untuk membersihkan sabun.
10. Keringkan tangan menggunakan tissue.

Perhatikan bahwa lebih baik menggunakan tissue daripada menggunakan pengering yang ada di toilet karena pengering itu bisa saja menyimpan bakteri dari orang lain dan menularkannya pada anda. Anda tentu saja tidak tahu siapa saja yang menggunakan alat pengering tersebut dan bakteri penyakit apa yang mereka bawa tanpa disadari. Untuk itu tissue adalah pilihan yang terbaik. Jangan lupa untuk membuang tissue pada tempatnya.

Mencuci tangan dapat dilakukan kapan saja, jika anda merasa bahwa tangan anda cukup kotor. Selain itu mencuci tangan wajib hukumnya sebelum makan, saat menyiapkan makakan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan sesudah menyentuh orang sakit, menggunakan kamar mandi, dan hal-hal yang berpotensi menularkan bakteri. Mencuci tangan harus diajarkan kepada anak-anak supaya menjadi kebiasaan hidup sehat mereka. Penyakit utama yang diderita anak-anak di Indonesia adalah Diare. Dengan kebiasaan mencuci tangan, penyakit ini bisa ditekan dan tidak menjadi masalah untuk anak-anak.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *