Kandungan Gizi dan manfaat buah mentimun

admin September 5, 2012 1


Mentimun

Mentimun adalah buah. Itu adalah hal yang pasti dan diakui oleh masyarakat. Dasarnya adalah mentimun memiliki biji yang merupakan bagian dari sistem perkembangbiakan oleh tumbuhan. Buah yang satu ini enak dan gurih. Mentimun sering pula disebut dengan nama buah ketimun. Buah ketimun ini memili nama latin Cucumis sativus. Sebagian besar orang menyukai buah ini karena efek dingin dan rasa sedikit manis yang ditimbulkannya. Ketimun sering ada dalam beberapa macam hidangan seperti salad, acar, dan lalapan. Buah ini juga merupakan buah yang sering hadir dalam masakan khas Jawa dan Sunda.

kandungan gizi mentimun

Sejarah dan budidaya mentimun

Mentimun pertama kali dibudidayakan di India bagian Utara, ratusan tahun yang lalu. Mentimun sebenarnya adalah tanaman yang mudah dibudidayakan, asalkan tanahnya cukup basah. Budidaya timun bisa dilakukan di dataran tinggi maupun dataran rendah. Rasa mentimun tentu saja dipengaruhi dengan kualitas tanahnya. Mentimun ini adalah sayuran yang penyebarannya sangat luas di dunia, sangat banyak setelah kubis, tomat dan bawang. Buah mentimun dapat ditemui hampir di seluruh penjuru dunia, dengan spesies yang berbeda tentunya. Di Indonesia, anda dapat mudah mendapatkan mentimun, mulai dari pasar tradisional hingga di supermarket.

Kandungan gizi dalam mentimun

kandungan gizi Mentimun banyak sekali di antaranya berupa protein sebanyak 0,65%, lemak sebesar 0,1 % dan karbohidrat sebesar 2,2 %. Selain zat-zat diatas, terdapat pula kandungan magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B, vitamin A, vitamin C dan vitamin B2. Dalam satu buah mentimun terdapat sekitar 35.100 hingga 486.700 part per milion asam linoleat yang termasuk dalam suku cucurbiaceae. Pada umumnya semua mentimun memiliki banyak senyawa yang mengandung kukurbitasin. Zat ini memiliki manfaat sebagai zat antikanker yang dapat mencegah terjadinya tumor sejak dini.

manfaat mentimun

Manfaat dari buah mentimun

Dari kandungan zat yang ada di dalamnya, banyak manfaat buah ketimun yang bisa kita ambil untuk kehidupan kita sehari-hari. Manfaat itu antara lain:

  • Ada zat yang bernama hipoxanti yang termasuk dalam racun koloid terdapat di dalam buah mentimun. Bagi anak-anak, racun ini dapat digunakan untuk mengobati cacingan. Jadi memberi makan mentimun pada anak-anak dapat mengobati dan mencegah cacingan.
  • Mentimun juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengembalikan suara anda jika sedang sakit tenggorokan.
  • Mentimun juga dapat digunakan sebagai penunjang program diet untuk menurunkan berat badan. Mentimun dikombinasikan buah lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Mentimun juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ada baiknya mengkonsumsi mentimun setelah anda memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti sate dan gulai kambing.
  • Mentimun juga dapat digunakan sebagai ramuan kecantikan alami. Caranya adalah digunakan sebagai masker setelah timun diparut.
  • Mentimun juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas setelah diparut lalu dikompreskan pada kening penderita.
  • Rasa timun yang menyegarkan dapat menjadi asupan yang baik setelah kita banyak beraktivitas.

Demikian adalah artikel mengenai kandungan dan manfaat mentimun. Semoga informasi ini berguna bagi anda. (iwan)

 

One Comment »

  1. tuti April 30, 2013 at 8:55 pm -

    kandungan apa yang bisa menurunkan panas pada mentimun??
    soalnya saya cari semua materi tentang mentimun belum ada kandungan yang menjelaskan untuk penurun panas

Leave A Response »