Kandungan dan khasiat buah mengkudu

buah mengkudu

Buah mengkudu

Indonesia memang kaya akan tanaman yang berkhasiat. Salah satunya adalah mengkudu. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah melihat buah ini karena bukan termasuk tanaman langka dan bisa tumbuh dimana-mana. Bentuk buah ini memang tidak cantik dan cenderung aneh dan tidak menarik untuk dipetik. Buah mengkudu yang sudah matang bahkan memiliki kecenderungan berbau tidak sedap. Bau ini khas dan tidak dimiliki oleh buah lain. Namun apakah anda tahu bahwa sebenarnya mengkudu ini berkhasiat bagi kesehatan?

buah mengkudu

Kandungan buah mengkudu

Penelitian mengenai khasiat dan kandungan buah mengkudu sudah dilakukan oleh banyak orang. Para peneliti sudah mulai melakukan riset pada buah ini sejat tahun 1950-an. Penelitian ini berawal dari sebuah Jurnal bernama Pasific Science yang mengatakan bahwa buah ini memiliki sifat resisten terhadap bakteri patogen yang berbahaya. Bakteri yang dipercaya mampu dikalahkan oleh kandungan buah mengkudu antara lain E. Coli, M. Pyrogenes dan P. Aeruginosa. Sejak jurnal itu terbit, banyak penelitian terhadap buah ini. Penemuan selanjutnya memakan waktu 20 tahun, yaitu ditemukan bahwa buah ini juga mengandung cikal bakal Xeronine yang melimpah. Xeronine adalah zat yang berfungsi mengatur protein dalam tubuh manusia.

Penelitian lain yang dilakukan setelah tahun-tahun tersebut menghasilkan kesimpulan yang mengejutkan. Menurut jurnal Cancer Letter pada tahun 1993, buang mengkudu mengandung zat anti kanker. Hal yang sama juga ditemukan oleh para peneliti dari Hawaii. Penelitian ini akhirnya digunakan untuk membantu pengobatan medis. Sari mengkudu diberikan kepada penderita kanker dan tumor untuk membantu proses penyembuhan. Menurut sumber ilmuwan, buah ini ternyata banyak mengandung vitamin, enzim, mineral dan alkaloid. Selain buahnya, ternyata akar dan daunnya juga mengandung asam amino. Zat ini penting sebagai sumber protein yang utama.

khasiat buah mengkudu

Manfaat buah mengkudu

Setelah mengetahui manfaatnya, kita tentu saja bisa membahas mengenai khasiat buah mengkudu. Antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut Dr. Schechter, kandungan dalam buah mengkudu dapat merangsang terbentuknya sel T. Sel T adalah sel yang berguna sebagai kekebalan tubuh. Sel T adalah salah satu dari beberapa jenis sel darah putih. Sel ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit atau analgesik. Sel T juga mencegah sel tidak normal dalam tubuh seperti sel kanker atau tumor. Konsumsi buah ini juga mengakibatkan lancarnya kelenjar tiroid dan timus. Tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi serta masalah lain yang menggerogoti kekebalan tubuh.
  2. Buah mengkudu dapat digunakan sebagai zat anti-bakteri. Dengan ini maka buah mengkudu dapat melindungi jantung dan sistem pencernaan manusia. Senyawa antraquinon dapat melawan hadirnya bakteri Staphylococcus yang merupakan bakteri penyebab infeksi pada jantung dan bakteri Shigella yang menyebabkan penyakit disentri.
  3. Buah mengkudu dapat melawan sel kanker dan tumor. Sama seperti pada nomer satu, sel T akan mengendalikan sel tubuh yang tidak normal. Kandungan lain dapat menghadang timbulnya sel kanker dan tumor. Kandungan zat anti kanker pada buah ini berhasil menyembuhkan beberapa penderita kanker dan tumor stadium awal. Khasiat dalam hal penyembuhan kanker dan tumor ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian oleh ahli-ahli dari berbagai negara. Kesimpulan yang ada pada dasarnya tidak jauh berbeda, yakni bahwa buah ini mengandung zat anti kanker.

Selain hal-hal diatas, masih ada khasiat lainnya yakni melancarkan aliran darah karena kandungan scopoletin. Selain itu juga dapat mengatasi radang dan alergi pada tubuh. Penderita sakit pada punggung dan persendian dapat diatasi dengan buah mengkudu. Demikian khasiat dan kegunaan buah mengkudu bagi kesehatan tubuh. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *