Jika Sedang Sakit Kepala Sebelah / Migrain, Jangan Makan Pisang

Jika Sedang Sakit Kepala Sebalah Migrain, Jangan Makan Pisang

Jika kamu sedang menderita sakit kepala sebelah atau migrain, lebih baik jauhi beberapa makanan yang diduga sebagai pemicu migrain atau sakit kepala sebelah.

Pisang, buah yang murah dan mudah didapatkan di Indonesia ini dikenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Namun pisang tidak cocok bagi mereka yang sedang menderita sakit kepala sebelah atau migrain. Ini disebabkan karena pisang mengandung senyawa kimia yang disebut Tiramin.

Menurut berita dari situs Livestrong via detik health, Konsentrasi tinggi tiramin dalam darah pasien migrain bisa menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) pembuluh darah di otak. Selain itu, orang yang sedang menderita migrain tampaknya juga kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tiramin.

Selain buah pisang, ada beberapa buah lain yang berhubungan dengan meningkatnya frekuensi sakit kepala sebelah atau migrain, buah tersebut antara lain, Alpukat matang, pepaya, plum merah, kimis , dan buah ara.

Sedangkan untuk jenis sayuran yang juga diduga memicu sakit kepala sebelah antara lain, kacang panjang, buah zaitun, acar, bawah merah, bawah putih, kacang polong, dan asinan kubis

Penyebab pasti migrain sampai ini memang masih menjadi perdepatan, namun sebagian besar peneliti seperti sepakat bahwa penyebab migrain adalah menurunnya aliran darah ke sel otak. Hal ini tentunya disebabkan oleh penyempitan arteri yang dipicu oleh beberapa faktor eksternal tertentu, salah satunya Tiramin pada buah pisang seperi tersebut di atas.

referensi : health.detik.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *