Jenis Racun, Obat Penawar Racun dan Cara Mengatasi Keracunan

admin March 27, 2012 0


Jenis Racun, Obat Penawar Racun dan Cara Mengatasi Keracunan
Tidak ada orang yang membutuhkan obat penawar racun kecuali apabila ia mengalami keracunan. Obat penawar racun digunakan untuk mencegah bekerjanya racun. Racun adalah zat yang merusak atau mematikan jaringan hidup. Saat manusia keracunan, dia bisa mengalami gejala penyakit berbahaya, pingsan, bahkan meninggal dunia.

Menurut Encyclopedia Britanica, terdapat empat macam racun yang ada di dunia. Pembagian jenis racun dilakukan menurut akibatnya pada tubuh. Yang pertama adalah racun yang merusak jaringan setempat saja. Yang kedua adalah racun yang menyebabkan kongesti organ yang terkena racun tersebut. Sedangkan jenis racun yang ketiga adalah racun yang mempengaruhi sistem syaraf di dalam sel yang disebut neurotoksin.

Jenis racun yang keempat adalah hemotoksin yang berada di dalam darah yang mencegah oksigen membentuk hemoglobin. Gas Karbonmonoksida yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor adalah salah satu contoh hemotoksin yang sering kita jumpai sehari-hari. Menghirup gas tersebut dapat menyebabkan kematian karena darah kekurangan oksigen untuk memberi makan kepada jaringan tubuh dan otak.

Cara Mencegah dan Mengatasi Keracunan

Masih menurut Encyclopedia Britanica, cara mengatasi keracunan ada tiga cara yang harus segera dilakukan. Yang pertama adalah melemahkan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Melemahkan efek zat beracun dapat dilakukan dengan cara memberi minum air putih kepada penderita sebanyak-banyaknya. Langkah kedua adalah mengosongkan makanan yang masuk ke perut penderita dengan mengusahakan agar si penderita itu muntah. Setelah itu, barulah kemudian diberi obat penawar racun.

Obat penawar racun berproses dengan berbagai cara dalam mencegah bekerjanya zat racun di dalam tubuh manusia. Cara lain mengatasi keracunan adalah dengan mencampur unsur kimia ke dalam racun sehingga netral dan tidak membahayakan tubuh penderita keracunan. Misalnya soda dicampur dengan acid, cuka digabung dengan alkali. Cara ini harus dilakukan dengan pengawasan tim medis.

Obat penawar racun juga dapat dijinakkan dengan cara mengolesi bagian tubuh yang terkena racun. Misalnya dengan menggunakan minyak zaitun dan susu. Tentu saja usaha yang utama yang dilakukan dokter dalam mengatasi keracunan adalah menghilangkan racun dari tubuh, dan untuk itu banyak cara yang bisa ditempuh seperti keterangan di atas.

Bagaimanapun juga, cara mengatasi bahaya keracunan yang terbaik adalah usaha pencegahan. Zat beracun harus dijauhkan dari anak-anak sehingga tidak terjangkau. Barang-barang yang mengandung racun harus ditandai dengan jelas kalau disimpan bersama barang-barang lain. Mencegah datangnya penyakit adalah jauh lebih baik daripada mengobati, bukan?

 

Leave A Response »