Jenis-jenis virus yang menyerang manusia

admin August 30, 2012 2


Jenis-jenis virus yang menyerang manusia

Virus pada manusia

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang memiliki fungsi berbeda-beda untuk menjaga kestabilan tubuh manusia. Dalam dunia kedokteran, penyakit adalah hal yang menggangu kestabilan tubuh. Salah satu penyebab penyakit ini adalah virus. Virus adalah sejenis parasit dalam tubuh manusia yang berukuran sangat kecil, sehingga hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Virus dapat hidup dalam tubuh manusia dengan menginfeksi sel-sel organisme dalam tubuh. Virus hanya bisa berkembang biak pada sel yang masih hidup, tidak bisa memperbanyak diri pada sel yang sudah mati seperti bakteri.

Jenis-jenis virus

Virus hanya terdiri dari asam nukelat, yakni sekelompok atom yang sangat besar atau disebut sebagai makromolekul. Makromolekul ini bisa sangat komplek dan memiliki bobot molekul yang tinggi. Asam nukleat pada virus dilapisi oleh protein, lipid dan glikoprotein. Berdasarkan kandungan asam nukleat yang ada di dalamnya, virus dibagi menjadi dua macam, yakni DNA dan RNA

  1. Virus RNA dibagi menjadi dua, yakni jenis tunggal dan jenis ganda. Contoh virus RNA jenis tunggal adalah virus pikornavirus, yakni virus yang menyebabkan penyakit influenza dan polio. Sedangkan untuk virus RNA jenis ganda adalah jenis virus revirus yang menyebabkan penyakit diare. Dalam kumpulan virus RNA, terdapat tiga jenis virus utama, yakni virus RNA positif, negatif dan minus. Virus berjenis RNA adalah virus yang menggerogoti sistem kekebalan tubuh manusia. Virus HIV adalah salah satu dari virus jenis RNA.
  2. Virus DNA sama halnya dengan virus RNA. Virus jenis DNA memiliki jenis tunggal dan ganda. Masing-masing virus juga menjadi penyebab penyakit yang mengganggu kestabilan tubuh manusia. Virus jenis ini adalah kelompok virus seperti adenovirus, herpesvirus, parvovirus dan pokvirus.

Seperti layaknya orang terkenal, virus juga memiliki beberapa jenis yang sangat dikenal oleh masyarakat, bahkan ditakuti. Diantaranya adalah influenza dan HIV. Influenza adalah termasuk dalam kategori virus RNA. Virus ini menular melalui udara dan medium benda padat. Manusia yang terkena virus influenza akan menderita sakit tenggorokan, pusing dan hidung tersumbat. Gejala ini sering dikenali masyarakat sebagai penyakit flu. Bila sudah parah, flu yang pada awalnya penyakit ringan dapat menyebabkan pneumonia yang merupakan penyakit saluran pernafasan akut. Pneumonia pada umumnya menjangkiti anak-anak.

Contoh virus yang lain adalah HIV, yakni virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Human Immunodeficiency Virus ini menyerang sel darah putih manusia. Hal ini akan menyebabkan orang yang terjangkit HIV akan lemah terhadap penyakit lain atau disebut menderita AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrom). Oleh karena itu, orang yang terkena AIDS lama kelamaan akan melemah dan meninggal karena penyakit yang menyerangnya, namun bukan HIV itu sendiri.

Demikian adalah jenis virus yang menyerang manusia dan contohnya. Semoga dengan artikel ini anda mendapatkan pengetahuan untuk membedakan antara virus dan bakteri. Selamat belajar! (iwan)

 

2 Comments »

  1. mistri November 21, 2012 at 3:58 pm -

    ada yang lain g?

  2. Irmachyy September 30, 2012 at 8:15 am -

    Aku ingin tau knpa stiap mnusia yg trkenah penyakit atau virus ‘psti brpindah2 kpda orngk yg di sekelilingkX?jka penyakit itu bhaya?

Leave A Response »