Jenis dan Manfaat Alkohol Bagi Kehidupan Manusia

admin April 20, 2012 1


Jenis dan Manfaat Alkohol Bagi Kehidupan Manusia

Alkohol tidak selalu membawa akibat buruk bagi manusia. Alkohol bisa juga berguna untuk kehidupan sehari-hari manusia. Dalam bahasa ilmiah, alkohol disebut alkanol. Alkohol adalah senyawa karbon yang mempunyai gugus OH (oksigen dan hidrogen). Alkohol memiliki beberapa wujud. Alkohol suku rendah (yang memiliki atom karbon lebih sedikit) berwujud cairan encer. Alkohol bersuku menengah berwujud cairan kental. Sedangkan alkohol yang bersuku tinggi memiliki wujud padat.

Alkohol jika diminum oleh manusia dapat menyebabkan kantuk, bahkan ada yang bersifat racun, yaitu metanol. Oleh karena itu, Pemerintah menciptakan peraturan perundang-undangan yang mengatur produksi, distribusi dan konsumsi alkohol di masyarakat. Jenis alkohol dan manfaatnya yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari antara lain metanol dan etanol.

Pada suhu kamar, metanol berwujud cairan bening yang mudah menguap dan berbau enak. Metanol jika teroksidasi membentuk senyawa formaldehid, dapat bersifat racun dan merusak retina mata. Metanol digunakan manusia sebagai pelarut pada pembuatan pernis dan lak, pembersih karat pada logam, cairan antibeku pada otomobil di negara-negara dengan empat musim, dan campuran bahan bakar bensin hingga mencapai kadar 15 persen.

Manfaat Etanol Dalam Industri Minuman Keras

Jenis alkohol lainnya yang banyak dipakai oleh manusia adalah etanol. Etanol tidak bersifat racun, namun memiliki sifat memabukkan, menyebabkan ngantuk dan kecanduan. Menurut Wikipedia, etanol pada suhu kamar berupa cairan bening, mudah menguap dan berbau khas.

Manfaat Alkohol Bagi Kehidupan Manusia

Etanol merupakan jenis alkohol yang digunakan untuk pembuatan minuman keras, misalnya bis, anggur, wiski dan lain-lain. Etanol didapatkan melalui reaksi fermentasi (peragian) karbohidrat yang terdapat dalam beras, kentang, gandum, singkong, jagung, dan lain-lain.

Encyclopedia Britanica menyatakan alkohol teknis yang digunakan selain untuk pembuatan minuman keras dibuat dengan fermentasi tetes tebu. Tetes tebu merupakan sisa pengolahan gula tebu yang masih mengandung gula dengan kadar cukup besar namun tidak dapat dikristalkan menjadi gula.

Etanol merupakan jenis alkohol yang paling banyak digunakan untuk pembuatan minuman keras, sebagai pelarut obat-obatan, sebagai obat antiseptik untuk luka, untuk bahan bakar spiritus, pembuatan parfum dan lain-lain. Mudah-mudahan informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai jenis dan manfaat alkohol.

 

One Comment »

  1. sifa April 21, 2012 at 1:49 pm -

    makasih infonya gan..lam kenal yo

Leave A Response »