Ini dia langkah Bagaimana Cara membuat bedak dingin dari Banjar, Kalimantan

admin November 15, 2012 2


Cara membuat bedak dingin

Bedak dingin adalah salah satu bedak tradisional yang berasal dari Banjar, Kalimantan. Bedak ini sudah digunakan sejak jaman dahulu, di jaman nenek moyang hingga saat ini. Bedak ini memiliki fungsi untuk menyejukkan kulit, baik wajah maupun bagian lain yang terkena paparan sinar matahari yang sangat menyengat di siang hari. Perempuan dan anak-anak mengenakan bedak putih tebal merupakan hal wajar yang anda jumpai pada pemukiman suku Banjar, seperti orang yang memakai masker, namun di siang hari.

Cara membuat bedak dingin dari Banjar

bahan bedak dingin – weddingku.com

Kegunaan bedak dingin

Bedak dingin ini memiliki khasiat, maka dari itu terus dilestarikan penggunaannya. Tidak hanya menyejukkan wajah dari sengatan sinar matahari, bedak ini juga dapat menyejukkan badan bayi dan orang dewasa. Orang-orang yang lanjut usia yang menggunakan bedak dingin ini secara teratur pada umumnya memiliki wajah yang segara dan tidak keriput. Maka dari itu bedak dingin dipercaya dapat membuat awet muda. Bedak dingin juga dapat dipergunakan sebagai media penyembuh demam, ruam atau penyakit lain pada bayi. Selain itu dapat juga mengobati jerawat atau luka parut yang diakibatkan penyakit campak. Memang bedak dingin ini sangat tradisional, namun khasiatnya tak terhingga.

Bahan pembuatan bedak dingin

Dibawah ini adalah bahan-bahan yang harus anda sediakan untuk membuat bedak dingin, yakni:

  1. Beras yang bagus dan sudah dicuci bersih
  2. Air daun pandan wangi, bukan pandan hijau
  3. Bunga melur, bunga tanjung dan bunga cempaka
  4. Akar dan rempah berkhasiat seperti jinten hitam, kencur, kayu manis dan kunyit

Cara membuat bedak dingin

Setelah anda menyediakan bahan yang dibutuhkan, maka kita akan mulai cara pembuatan bedak dingin ini, sebagai berikut:

  1. Rendam beras di dalam air daun pandan selama 3 hari 3 malam. Tutup rendaman dengan kain berpori sehingga bisa tetap ada pertukaran udara namun tidak ada serangga yang bisa masuk. Serangga dan binatang kecil dapat menyebabkan iritasi dan penyakit kulit.
  2. Taburkan bunga melur bunga-bungaan ke dalam rendaman beras sehingga aroma campuran menjadi wangi dan segar.
  3. Rendaman tersebut disimpan di tempat yang bisa mendapatkan tetesan embun, umumnya di bawah pohon atau diantara rerumputan.
  4. Sementara beras dan bahan lain direndam, akar dan rempah berkhasiat ditumbuk lalu dikeringkan. Setelah itu diayak hingga mendapat bagian bubuk yang halus.
  5. Setelah 3 hari berlalu, beras akan mengembang dan wangi. Beras ditumbuk hingga halus seperti tepung lalu diayak sehingga mendapatkan bagian yang paling halus.
  6. Setelah itu campurkan bubuk beras halus tersebut dengan bubuk akar berkhasiat.
  7. Jika sudah tercampur dengan merata, masukkan air sedikit demi sedikit supaya ramuan tersebut dapat dibentuk bulat-bulat kecil.
  8. Letakkan bulatan bedak tersebut pada nampan kering dan jemur hingga kering. Pada umumnya membutuhkan 3 hari.

Nah, bedak dingin sudah dapat digunakan atau disimpan. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan beberapa butir dengan air hingga membentuk adonan. Usapkan pada wajah dan leher. Gunakan pada saat udara panas atau malam hari sebagai masker. Untuk masker, pergunakan lebih banyak bedak dingin sehingga dapat mengeras seperti masker pada umumnya. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

2 Comments »

  1. Mira November 11, 2013 at 5:41 pm -

    terima kasih info cara membuat bedak dinginnya… sangat bermanfaat.

  2. mysha April 18, 2013 at 6:17 pm -

    thanks for sharing^^

    Selama ini saya minta dikirimin sama temen di banjar. Ternyata proses pembuatannya panjang juga :)

    Bunga melur agak susah dicari di jakarta. Bisa diganti bunga jenis lainkah???

Leave A Response »