Hasil Studi : Manfaat stroberi dan blueberri mencegah serangan jantung

Manfaat stroberi dan blueberri mencegah serangan jantung

Manfaat stroberi dan blueberri mencegah serangan jantung

Baru baru ini sebuah studi menyimpulkan bahwa buah stroberi dan blueberri bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung pada wanita. Menurut studi terbaru dari Harvard School of Public Health di Boston, masalah kesehatan jantung dalam jangka panjang dari dikurangi dengan mengkonsumsi tiga porsi atau lebih kedua buah tersebut per minggu.

Manfaat stroberi dan blueberri mencegah serangan jantung
stroberi

Seorang profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa sangat baik memasukkan buah stoberi dan bluebrri ke dalam porsi mingguan makanan yang disantan oleh wanita. Karena kedua buah tersebut mempunyai kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi yang bisa memperkesil resiko serangan jantung pada wanita.

Seperti yang diberitakan oleh CBS News, Rimm mengatakan “Ini perubahan diet sederhana yang dapat memiliki dampak signifikan terhadap upaya pencegahan,”

Studi yang dilakukan Harvard School of Public Health melibatkan responden sebanyak 93.600 yangberusia antara 25 – 42 tahun. Waktu untuk penelitian ini adalah 18 tahun, responden diminta untuk mengisi kuesioner setiap empat tahun sekali. Selamat jangka waktu tersebut, terdapat 405 kasus serangan jantung yang dialami oleh responden. Ditemukan bahwa responden yang secara rudin memakan stroberi dan bluberri menunjukkan ada penurunan resiko terkenan serangan jantung sampai 32 persen lebih rendah, dibandingkan wanita yang hanya memakan sedikit setiap bulannya. Studi ini dimuat dalam jurnal Circulation yang diterbitkan American Heart Association pada 14 Januari 2013.

Menurut AHA atau American Heart Associatio, dibandingkan dengan laki-laki, wanita lebih memungkinkan mengalami gejala serangan jantung. Gejala serangan jantung yang mungkin muncul misalnya seperti dada yang amat menyesak, sulit bernapas, muntahang dan mual, sampai nyeri yang terdapat pada rahang.

Perlu diketahui bahwa senyawa falavonoid khusus yang ditemukan pada stroberi dan blueberri adalah jenis anthocyanin. Zat ini memiliki manfaat memperbaiki aliran darah, melawan penumpukan plak dalam arteri, dan memberikan manfaat kesehatan jantung lainnya. Meskipun begitu, agar terhindari dari serangan jantung, para wanita juga harus memperhatikan aktor pencegah serangan jantung lainnya selain mengkonsumsi stroberi dan blueberri secara rutin.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *