Gonorea – Macam penyakit kelamin menular – bagian pertama

Gonorea - Macam penyakit kel@min menular - bagian pertama

Jika kemarin kita membahas tentang pengertian penyakit kelamin menular atau PMS serta penularan dan pencegahannya, saat ini kita akan membahas tentang jenis-jenis penyakit menular kelamin yang sering menjangkiti orang pada umumnya. Penyakit ini telah ditemukan dokter dalam berbagai penelitian dan pengamatan. Mari kita lihat, penyakit apa saja itu.  Gonorea - Macam penyakit kelamin menular - bagian pertama

Gonorea

Gonorea adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Nesiseria gonorrhoeae. Penyakit ini menyerang langsung pada sistem imunitas di sekitar alat kelamin. Jika terinfeksi bakteri ini, ada masa inkubasi selama 2 hingga 10 hari. Masuknya bakteri ini dalam tubuh korban biasanya melalui selaput lendir atau pertukaran cairan yang disebabkan oleh hubungan kelamin. Pada umumnya penyakit ini membuat alat reproduksi korbannya mengalami ruam merah dan disertai nyeri yang sangat kuat.

Gonorea menyerang semua jenis kelamin, baik perempuan maupun laki-laki. Pada pria, jika stadium sudah lanjut gejala gonorea yang dapat dilihat adalah alat vital mengeluarkan nanah tidak hanya pada saat kencing saja, juga adanya bengkak warna merah pada alat vital. Sedangkan gejala gonorea pada wanita, timbul rasa sakit pada alat reproduksi pada saat buang air kecil serta timbulnya keputihan yang tidak wajar dan berbau busuk.

Pencegahan gonorea

Pencegahan penyakit gonorea adalah dengan cara menghindari aktivitas kelamin bebas yang berganti pasangan dan selalu berkomitmen untuk setia kepada pasangan yang sah. Anda yang suka berganti pasangan atau suka ‘jajan’ wanita penghibur, sama saja menjemput gonorea pada diri anda. Apalagi wanita yang memiliki penyakit gonorea seringkali tidak dapat dideteksi dari penampakannya jika belum terjangkit pada stadium lanjutan atau kronis. Untuk itu menghindari hubungan kelamin dengan orang selain pasangan adalah tetap pencegahan yang terbaik.

Pengobatan penyakit gonorea

Untuk menangani penyakit menular kelamin jenis gonorea ini yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter ahli kelamin dan kulit yang dapat memberikan anda jalan keluar. Tidak perlu malu dikarenakan jika anda malu maka akan berakibat buruk kepada kesehatan anda. Namun untuk anda yang ingin mencoba, ada obat ramuan tradisional herbal yang dapat anda gunakan. Resep ini antara lain adalah:

  • Akar alang-alang basah sebanyak 300 gr
  • Air sebanyak dua liter

Cara pembuatannya adalah akar alang-alang dicuci hingga bersih, kemudian dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak dua liter sehingga tersisa menjadi 1,2 liter saja. Setelah itu dinginkan dan bagi menjadi tiga bagian. Minum sebanyak tiga kali sehari masing-masing 400 ml selama 10 hari berturut-turut. Jika tidak ada perubahan terhadap kesehatan anda dan penyakit anda tidak kunjung sembuh, berkonsultasi ke dokter adalah satu cara yang paling baik untuk ditempuh. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *