Gejala lain dari kehamilan bulan pertama

Gejala lain dari kehamilan bulan pertama

Sebelumnya kita telah membahas tiga tanda kehamilan pada wanita. Tanda-tanda tersebut adalah tanda-tanda utama yang pada umumnya terjadi pada wanita. Namun disamping tiga tanda tersebut, masih ada tanda lain yang bisa menjadi patokan apakah seorang wanita hamil atau tidak. Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

Gejala lain dari kehamilan bulan pertama

Merasa pusing dan sakit kepala

Banyak wanita yang merasakan pusing pada saat hamil pada minggu-minggu bulan pertama. Gangguan ini disebabkan oleh faktor fisik seperti lelah, mual, lapar dan tekanan darah yang merendah. Pusing juga ditimbulkan akibat hal emosional seperti perasaan tegang atau depresi. Pasokan darah pada seluruh tubuh juga dapat menyebabkan pusing pada calon ibu pada saat berubah posisi, misalnya dari duduk ke berdiri atau dari berbaring ke duduk, dan sebagainya.

Kelelahan dan rasa kantuk yang berlebihan

Wanita yang hamil akan merasakan lelah dan mengantuk berlebihan. Namun ini wajar adanya karena disebabkan oleh perubahan hormon yang sudah pernah kita singgung sebelumnya. Selain itu gejala ini diakibatkan oleh kerja organ vital seperti jantung, ginjal dan paru-paru yang semakin tinggi intensitasnya. Hal ini dikarenakan kinerja organ vital tidak hanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan ibu, namun juga bayinya. Seiring berkembangnya janin dalam ibu, maka berat yang harus ditanggung juga menjadi semakin besar.

Frekuensi buang air kecil meningkat

Pada umumnya, setelah mengalami keterlambatan haid sebesar satu atau dua minggu, frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Hal ini disebabkan adanya tanda-tanda hamil pada calon ibu, yakni janin yang makin tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih sehingga menyebabkan kandung kemih menjadi menyempit. Selain itu karena sirkulasi darah menjadi lebih cepat memproduksi urin, maka kandung kemih akan lebih cepat terisi dan buang air menjadi lebih sering. Disarankan jangan dibatasi atau ditahan karena akan terjadi keracunan urin dalam tubuh.

Sembelit dan sering meludah

Pada ibu hamil sering terjadi sembelit karena peningkatan jumlah hormon progesteron. Hormon ini menyebabkan otot rahim dan dinding usus mengendur sehingga menyulitkan proses buang air. Namun kesulitan ini bermanfaat dalam penyerapan nutrisi yang lebih maksimal. Selain itu, ibu hamil juga sering meludah akibat pengaruh hormon estrogen yang biasanya bersamaan dengan rasa mual dan muntah. Sama seperti mual dan muntah, kondisi ini akan hilang saat kandungan memasuki usia tiga bulan.

Terjadi kenaikan temperatur basal

Jika terjadi ovulas atau kehamilan, maka suhu tubuh seorang calon ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama kehamilan terjadi dan tidak akan turun sebelum melahirkan. Oleh karena itu ibu hamil sangat mudah berkeringat dan merasakan kepanasan.

Tanda-tanda kehamilan diatas tidak semua wanita mengalaminya. Ada yang mengalami semuanya, ada yang mengalami sebagian, bahkan ada yang tidak mengalami hal-hal diatas. Oleh karena itu, tes yang paling valid menentukan kehamilan atau tidak adalah langsung dilakukan di rumah sakit atau dokter kandungan supaya jelas dan pasti. (iwan)

Facebook Comments

3 comments

  1. rini surah

    saya pernah mengalami semua tanda2 di ats tp knp sy msh keluar menstruasi yaa.. jadi bingung,mohon bantuannya..thanks

  2. Ika

    Smua tanda2 di ats,tdk ad yg ku alami,tp bokong n payudara saya membesar,tp tdk skt.
    Saya bru telat seminggu sh,lalu saya cek pake test pack one med hslny negtif.
    Yg ingn sy tnyakn apakh saya hamil atau tdk y?
    Mhn dblz yah
    trims.

  3. vita

    Tubuh lemas,n merasa malas apakah salah satu dri tanda” pada awal kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *