Home / Kesehatan / Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Tahu

Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Tahu

Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Tahu

Bagi anda yang memiliki alergi, ada beberapa fakta penting yang perlu anda ketahui. Pertama, anda mungkin pernah mendengar bahwa madu bisa membangun sistem kekebalan tubuh terhadap polen. Namun apakah hal ini benar? Fakta justru berkata sebaliknya. Lebah biasanya mengincar bunga berukuran besar, membuat semakin banyak polen menempel pada tanaman. Polen yang tidak terbang ke udara biasanya adalah jenis polen yang bisa memicu alergi. Jadi jika anda mengkonsumsi madu yang dibuat langsung dengan proses tradisional, anda mungkin akan mengelami reaksi alergi pada tubuh. Hal ini semakin dikuatkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di  University of Connecticut tahun 2002 lalu. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa madu tidak membantu kita untuk terbebas dari alergi.

Fakta Penting Tentang Alergi yang Perlu Anda Tahu

Fakta penting tentang alergi berikutnya berkaitan dengan hewan penyebab alergi. Apakah hewan bisa memperparah alergi anda? Pertanyaan ini sering menyeruak ke permukaan dan banyak orang mempercayainya. Faktanya polen memang bisa menempel pada bulu hewan dengan mudah. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dengan mudah masuk ke dalam rumah. Itu artinya polen yang seharusnya berada di luar rumah bisa pindah ke dalam rumah dengan mudah, dan menempel pada berbagai peralatan anda, seperti karpet, kasur, dan lipatan-lipatan lainnya. Ini biasanya terjadi saat hewan kesayangan anda berguling-guling di atas lantai. Kenyataannya jika alergen berada di sekitar anda, maka alergi akan bisa kambuh kapan saja. Oleh sebab itu anda harus lebih rajin membersihkan rumah agar terbebas dari debu dan kotoran. Hindari menyapu debu dan kotoran karena angin bisa memindahkan mereka kembali ke dalam rumah. Bersihkanlah debu dan kotoran memakai vacuum cleaner yang telah dilengkapi dengan filter HEPA yang mampu menyingkirkan partikel penyebab alergi dari berbagai peralatan di rumah anda.

Fakta penting tentang alergi berikutnya adalah berkaitan dengan  gejala alergi. Apakah kita bisa mengurangi gejala alergi jika kadar alergen di lingkungan sedang tinggi? Misalnya di lingkungan rumah anda sedang musim polen. Jawabannya adalah tentu saja bisa, namun anda harus tahu apa penyebab alergi anda. Mungkin saja anda tidak sadar mengalami alergi yang spesifik. Misalnya anda alergi polen, silakan cari tahu polen dari tumbuhan apa yang bisa memicu alergi anda. Dengan begini anda menjadi lebih mudah untuk menyembuhkan alergi.

Untuk memeriksakan alergi, silakan langsung datang ke dokter. Dokter akan mengecek darah anda karena dari sini bisa diketahui apa penyebab alergi anda. Tes berikutnya lebih spesifik yaitu melibatkan pemeriksaan kulit. Namun anda tidak perlu takut karena tes ini tidak meninggalkan rasa sakit. Setelah mengetahui apa penyebab alergi anda, dokter akan memberikan obat untuk meringankan penyakit tersebut. Setelah melihat hasil tes, anda jadi lebih mudah untuk melakukan tindakan preventif. Beberapa tindakan preventif yang bisa anda lakukan antara lain menutup pintu agar alergen di luar tidak masuk ke dalam, hidupkan air purifier agar udara di dalam rumah selalu bersih, sedot debu dan kotoran secara rutin, dan tetap berada di dalam rumah jika alergen sedang banyak, misalnya saat musim polen.

Nah, itu tadi beberapa fakta penting tentang alergi yang perlu anda ketahui.

About admin

Check Also

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba Hidup panjang umur adalah dambaan semua orang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *