Efek buruk merokok bisa membuat otak semakin bodoh

merokok bisa membuat otak semakin bodoh
merokok bisa membuat otak semakin bodoh
merokok bisa membuat otak semakin bodoh

Rokok sudah dikenal secara luas bahwa sangat berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya mereka yang bukan perokok, yang perokok pun mengakui akan bahaya rokok. Namun karena sudah kecandungan dan kurangnya niat yang kuat, akhirnya tetap melanjutkan kegiatan merokok, meskipun sudah mengetahui dampaknya.

Hasil penelitian : Rokok membuat otak bodoh

Dari hasil sebuah studi baru baru ini, ditemukan bahwa kegiatan merokok berpengaruh terhadap perkembangan otak, bukan membuat otak semakin pintar, tapi rokok membuat otak semakin bodoh. Seperti yang disandur dari BBC, peneliti dari King’s College london menyimpulkan bahwa zat racun yang terkandung dalam rokok dapat merusak memori, menurunkan kemampuan belajar dan melemahkan daya nalar.

Sebenarnya peneliti mengamati hubungan merokok dengan sakit jantung, stroke, dan keadaan otak. ternyata didapati hasil bahwa ternyata pengaruh rokok terhadap otak cukup serius dalam jangka menengah dan panjang. Telah dilibatkan relawan sebanyak 8.800 yang berusia 50 tahun ke atas. Mereka mempunyai keluhan hipertensi serta obesitas, namun tetap memiki kebiasaan merokok. Selanjutnya mereka diberi tes untuk mengukur kemampuan otak, lalu dibandingkan hasilnya dengan tes otak yang dilakukan setelah empat dan delapan tahun kemudian.

Hasil tes tersebut menujukkan bahwa mereka mengalami kenaikan resiko untuk mendapatkan serangan jantung dan stroke. Ternyata kenaikan resiko ini juga berhubungan dengan menurunnya kemampuan kerja otak. Peneliti mendapati bahwa para relawan tersebut memiliki nilai yang rendah pada hasil tes kemampuan otak setelah studi berjalan beberapa waktu. Bisa diartikan bahwa perokok memiliki resiko untuk semakin bodoh sekaligus mendapat serangan jantung dan stroke tanpa ada kepastian waktunya.

Salah satu peneliti yang bernama, Dr Alex Dregan mengatakan bahwa “penurunan kognitif menjadi lebih umum dengan penuaan dan peningkatan jumlah yang mengalami gangguan fungsional sehari-hari.”

Sangat penting untuk diketahui bahwa saat seseorang telah mengalami kemunduran fungsi otaknya, maka kemungkinan besar akan mengalami kepikunan (demensia) di kemudian hari. Sehingga efek buruk dari rokok dalam membuat bodoh ini bisa berlangsung sampai usia lanjut.

Anda yang masih gemar merokok apa rela membiarkan otak anda semakin bodoh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat baik bagi yang belum merokok maupun yang sudah menjadi perokok. Bagi yang belum merokok pertahankan kebiasaan sehat anda. dan bagi yang sudah terlanjur menjadi perokok, segeralah berhenti merokok demi kesehatan anda baik saat ini maupun di masa depan. Ini bukan hanya demi anda pribadi, tapi juga demi orang-orang disekitar anda yang anda sayangi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *