Diet rendah kolesterol bagi penderita hipertensi

Diet rendah kolesterol

Panduan Diet rendah kolesterol

Salah satu penyebab hipertensi adalah penyumbatan darah karena pengerasan kolesterol. Diet rendah kolesterol menjadi pengobatan alternatif yang terbaik bagi penderita hipertensi. Selain hipertensi akan semakin menjadi-jadi, kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit yang lainnya seperti serangan jantung dan gangguan fungsi hati. Berikut ini adalah pola diet rendah lemak yang dapat dilakukan oleh penderita hipertensi.

Diet rendah kolesterol

Mengatur pola makan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, salah satunya adalah pola makan. Mengatur pola makan dengan baik yakni dengan mengatur jam makan dengan mengakhiri makan sebelum jam 8 malam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan ini maka penyakit hipertensi dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kadar kolesterol dapat dihindari. Ada hal lain yang perlu diperhatikan selain mengatur pola makan adalah jenis bahan makanan dan cara memasaknya. Makanan yang kandungan lemaknya tidak berbahaya adalah makanan yang dianjurkan dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Menghindari lemak

Lemak dibagi menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh adalah lemak yang berbahaya bagi kesehatan. Lemak tak jenuh adalah lemak yang baik untuk dikonsumsi. Konsumsi daging merah juga sangat beresiko, apabila ingin mengurangi resiko proses memasak harus dilakukan dengan tepat, misalnya dengan menghilangkan kulit ketika memasak daging ayam. Kulit ayam mengandung kolesterol yang tinggi dan berbahaya bagi tubuh kita. Mentega, margarin dan minyak adalah produk yang banyak mengandung lemak. Oleh karena itu lebih baik hindari konsumsi bahan ini dalam jumlah besar. Untuk mengganti minyak dalam memasak, kita dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak sayur. Justru kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Akan lebih baik lagi jika banyak mengonsumsi protein nabati seperti tahu dan tempe

Cara memasak dan asupan makanan

Selain mengganti jenis minyak dan menyingkirkan sebagian dari bahan makanan, cara memasak makanan juga dapat mengurangi kadar kolesterol. Misalnya adalah makanan yang direbus, dikukus, dan dipepes tanpa menggunakan minyak. Makanan yang ditumis biasanya juga menggunakan minyak yang sedikit. Temperatur yang tinggi pada saat menumis juga dapat mengurangi penyerapan lemak ke dalam makanan. Mengenai makanan yang bisa kita asup, buah dan sayuran adalah jenis makanan yang sangat penting untuk mengurangi kadar kolesterol. Konsumsi produk makanan yang mengandung tepung putih juga beresiko meningkatnya kolesterol. Jika ingin mengganti, sereal dan biji-bijian lain dapat menurunkan kolesterol sehingga dapat menghindarkan diri dari penyakit jantung.

Susu adalah asupan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun saat anda diet kolesterol, sebaiknya anda memilih susu rendah atau tanpa lemak untuk dikonsumis. Makanan lain yang harus dibatasi konsumsinya adalah makanan ringan atau camilan seperti biskuit yang mengandung banyak gula. Keripik juga tidak sehat dan harus dibatasi konsumsinya karena mengandung kadar garam yang tinggi sehingga membuat anda ingin terus mengonsumsinya dan jika dituruti akan meningkatkan tumpukan lemak dalam tubuh yang membuat seseorang obesitas dan beresiko terkena serangan jantung. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *