Definisi Serum, Vaksin, Jenis Kekebalan Tubuh Dan Pengaruh Bagi Kesehatan

admin May 27, 2012 1


Definisi serum adalah bagian dari plasma yang di dalamnya terlarut berbagai macam protein, diantaranya gamaglobulin yang berupa zat anti bodi dan berfungsi untuk mengebalkan seseorang dari gangguan penyakit. Gamaglobulin telah dipakai untuk memberikan kekebalan atau imunisasi berbagai penyakit seperti cacar air, campak, hepatitis B, dan polio.

sistem kekebalan tubuh manusia

Molekul reseptor dalam sistem kekebalan adalah anti bodi yang berfungsi mengikat antigen (substansi asing yang masuk ke dalam tubuh). Antigen merangsang sel tertentu dalam sistem kekebalan untuk menghasilkan anti bodi khusus yang dapat mengikat antigen secara permanen. Jenis kekebalan ada dua, yaitu kekebalan alami dan kekebalan buatan.

1. Kekebalan alami

Kekebalan alami adalah kekebalan yang timbul pada tubuh seseorang setelah terserang penyakit kemudian sembuh. Kekebalan alami berasal dari sejumlah antibodi dari ibunya ketika masih di dalam kandungan melalui plasenta dan ketika bayi melalui air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, ASI memiliki peran penting bagi kesehatan manusia sejak kecil hingga dewasa.

Namun terdapat penyakit bawaan yang menyebabkan manusia tidak dapat memiliki sistem kekebalan, yaitu penyakit antoimunitas. Selain itu, terdapat virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, yaitu penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang disebabkan oleh virus HIV.

2. Kekebalan buatan

Kekebalan buatan adalah kekebalan yang timbul pada seseorang karena pemberian vaksin. Kekebalan buatan dapat bersifat aktif maupun pasif. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

a. Kekebalan aktif.

Kekebalan aktif adalah kekebalan yang terbentuk karena adanya rangsangan pada pertahanan tubuh sehingga tubuh membentuk antibodi. Kekebalan aktif buatan dapat dibuat dengan menyuntikkan sejumlah kecil antigen (vaksin) ke dalam tubuh. Pemberian antigen atau vaksin mengakibatkan antibodi tertentu menghasilkan sel yang siap melawan jika ada mikroorganisme tertentu memasuki tubuh.

b. Kekebalan pasif.

Kekebalan pasif adalah kekebalan yang terbentuk karena pemberian antitoksin atau antibodi dan bukan karena adanya rangsangan pada pertahanan tubuh. Kekebalan pasif ini bersifat sementara. Misalnya pemberian antitoksin difteri pada saat terjadi wabah difteri. Pemberian antitoksin difteri dapat mencegah terkena penyakit tersebut.

Akan tetapi, kekebalan tersebut atau kemampuan menangkal difteri hanya bersifat sementara. Artinya, bahwa orang yang sudah diberi antitoksin difteri tidak boleh dianggap sudah kebal terhadap penyakit difteri seumur hidupnya. Dengan demikian, orang tersebut harus diberi antitoksin sewaktu-waktu terutama jika wabah terjadi lagi, tetapi tentunya hanya dalam jangka waktu tertentu.

Referensi: biologimediacentre.com/sistem-kekebalan-tubuh/

 

One Comment »

  1. Ruth Eveline Parhusip March 2, 2013 at 6:21 am -

    apasi SERUM ITU KALAU DI DALAM PEREDARAN DARAH ? APA PULA FUNGSINYA ?

Leave A Response »