Definisi, Penyebab dan Cara Penyembuhan Penyakit Mata Katarak

Penyakit Mata Katarak

Penyakit Mata Katarak

Katarak adalah sebutan masyarakat untuk air yang mengalir turun. Tetapi kalau mata mengalami kesulitan untuk melihat, mengapa disebut juga mata orang itu berkatarak? Hal itu disebabkan oleh kepercayaan orang jaman dahulu bahwa orang mendapat kesulitan melihat karena adanya sesuatu yang menyerupai air yang terjun atau yang mengalir pada matanya, sehingga penglihatannya kabur.

Menurut TMM Gan dalam buku Your Health And Mine, dalam mengobati kekeruhan, dokter harus menemukan penyebabnya. Jadi, dokter harus mengetahui sejarah penyakit lensa mata orang yang menyerupai katarak itu. Definisi atau pengertian penyakit katarak mata adalah penyakit yang ditandai dengan adanya kekaburan di dalam lensa mata. Kondisi tersebut mungkin mengganggu atau mungkin pula tidak mengganggu penglihatan. Mungkin banyak orang mempunyai katarak di matanya tanpa disadarinya.

Katarak dapat menyebabkan biji mata penderita menjadi berwarna ungu atau putih, bukan hitam seperti biasanya. Di antara orang tua yang matanya berkatarak, biji matanya menjadi kecil atau mengerut. Seluruh lensa mata berubah menjadi berwarna menyerupai warna susu. Katarak biasanya dianggap sebagai penyakit orang tua. Tetapi anak-anak dapat pula menderita katarak sewaktu lahir atau sewaktu kecil. Kadang-kadang orang terkena katarak karena disebabkan oleh sebuah luka atau karena gangguan peredaran darah.

Cara Menyembuhkan Penyakit Mata Katarak

Masih menurut buku Your Health And Mine, apabila anak-anak terkena penyakit mata katarak, penglihatannya dapat dipulihkan dengan jalan operasi tanpa melalui proses pengangkatan lensa mata. Apabila katarak mulai mengganggu penglihatan, orang itu tidak dapat lagi bergerak secara leluasa. Maka untuk memulihkan penglihatannya, operasi mata harus dilakukan terhadap orang itu. Lensa matanya harus diangkat. Dan operasi tersebut harus dilakukan satu per satu untuk menghindari kebutaan total.

Tentu banyak orang yang merasa cemas atau takut kalau harus menjalani operasi pengangkatan lensa mata. Tetapi dokter bedah mata yang terampil saat ini telah mampu melakukan operasi pengangkatan lensa mata dengan berhasil. Kira-kira butuh waktu enam minggu, penderita penyakit katarak mata dapat melihat kembali dengan lensa buatan seterang ia melihat dengan lensa matanya yang asli.

Pencegahan penyakit katarak dapat dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan cairan mata penderita, menghindari debu dan menjaga keselamatan mata dalam bekerja. Mudah-mudahan informasi kesehatan mengenai penyebab dan cara pengobatan penyakit mata katarak ini bisa berguna untuk Anda. Mari lindungi indera penglihatan kita dari kemungkinan terkena penyakit mata katarak!

Facebook Comments

1 Comment

  1. maria siregar

    mata katarak itu kalau di operasi,apakah 100% sembuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *