Daftar Makanan yang Menyebabkan Maag Kambuh

admin February 1, 2013 0


Penyakit Maag

Maag adalah penyakit yang menyerang bagian lambung, umumnya disebabkan oleh luka atau peradangan. Maag bisa menimbulkan rasa sakit, mulas, perih pada lambung ketika terlambat makan. Jika sudah mengalami penyakit ini, kamu harus hati hati karena jika diabaikan saja bisa menjadi penyakit maag kronis yang kemungkinan bisa meningkat menjadi penyakit kanker lambung.

Luka atau peradangan yang terjadi pada lambung biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan atau bisa juga disebabkan karena kebiasaan makan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan asam lambung.

Cara yang paling ideal dan mudah untuk mencegah kambuhnya sakit maag adalah dengan memperbaiki pola makan, yang tadinya tidak teratur menjadi teratur dan tepat waktu. Selain itu kamu juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkanmeningkatknya asam lambung.

Makanan yang Menyebabkan Maag Kambuh

Di bawah ini merupakan daftar makanan yang harus dijauhi oleh penderita sakit maag, agar sakit magnya tidak kambuh lagi.

1.  Makanan pedas

makanan pedas pemicu mag kambuh

makanan pedas pemicu mag kambuh

Jika kamu mencintai makanan pedas, kamu harus merelakan cintamu tidak kesampaian. ini demi baikan lambung kamu. Karena makanan pedas seperti cabai dan merica bisa menyebabkan diding lambung semakin terluka. Jadi sebisa mungkin kurangi atau bahkan jauhi makanan pedas

2.  Makanan yang menimbulkan gas di lambung

sawi kubis nangka pemicu mag kambuh

sawi kubis nangka pemicu mag kambuh

Ada beberapa makanan yang bisa memicu gas di lambung kita saat melalui pencernaan. Antara lain seperti kacang-kacangan, sawi, kubis, nangka. Agar mag tidak kambuh lagi, jangan terlalu banyak konsumsi makanan di atas.

3.  Minuman bersoda dan Alkohol

minuman bersoda pemicu mag kambuh

minuman bersoda pemicu mag kambuh

Minuman yang mengandung soda atau alkohol sangat mungkin membuat gas di lambung meningkat. Jadi kamu harus menjauhi minuman seperti cola, sprint dan lain-lain jika tidak ingin merasakan sakit perut yang sangat perih menyiksa,

4. Mie

mie bikin mag kambuh

mie bikin mag kambuh

Makanan yang bentuknya seperti rambut seperti mie, bihun, pasta atau sumber karbohidrat lain yang bukan nasi seperti ubi dan jagung juga bisa menyebabkan sakit maag semakin parah. Jadi kamu harus bisa tahan apabila di tv setiap hari ada iklan mie instan. jangan mudah tergoda, ini demi kebaikan lambung kamu.

5.  Makanan berkadar lemak tinggi

makanan berlemak tinggi bikin maag kambuh

makanan berlemak tinggi bikin maag kambuh

Makanan berlemak memang terkenal tidak baik bagi kesehatan karena bisa memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah bagi penderita sakit mag. Makanan seperti kue dengan margarin pekat, keju, jerohan dan berbagai macam es krim bisa menyebabkan sakit mag. Kurangi jenis makanan tersebut.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa membuat sakit mag semakin parah. Jika tidak ingin mag kambuh lagi, kurang makanan beberapa makanan tersebut di atas. Semoga informasi kesehatan di atas bisa bermanfaat khususnya bagi kamu yang menderita sakit mag. Semoga tidak kambuh lagi.. Salam sehat.

 

Leave A Response »