Daftar makanan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh

sistem kekebalan tubuh

Tubuh kita telah dilengkapi dengan sistem kekebalan tubuh  yang mampu melawan berbagai hal yang bisa menyebabkan tubuh kita sakit. Dengan sistem kekebalan ini memungkinan tubuh untuk melakukan perlawan apa bila ada zat asing yang berbahaya bagi tubuh sebelum sempat terjadinya efekksi. Jadi agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit, kita harus  menjaga sistem kekebalan tubuh ini.

sistem kekebalan tubuh
sistem kekebalan tubuh

Karena jika kita tidak menjaganya, sistem kekebalan tubuh akan menurun. Sudah tau kan apa akibatnya jika sistem kekebalan menurun? Buat kamu yang ingin tetap menjaga kekebalan tubuh, kamu harus memperhatikan makanan apa saja yang kamu konsumsi. Karena ada beberapa makanan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Apa saja makanan itu?

Daftar makanan menurunkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang disandur dari Antaranews, Berikut ini daftar makanan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh :

Mentega dan margarin

Mentega dan margarin penurun kekebalan tubuh
Mentega

Mentega dan margarin mengandung lemak tak jenuh, ia bisa berperan pada terjadinya inflamasi. hal ini didasari dari pernyataan direktur Yale Prevention Research Center di Connecticus AS, yang menyatakan bahwa kandungan lemak tak jenuh bisa juga mengganggu sistem kekebalan tubuh atau imun dan kesehatan jantung. Sebagai alternatif untuk mengganti makanan bisa bisa menggunakan minyak zaitun dan konola yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Daging Merah

Daging Merah
Daging Merah

Daging merah juga mengandung banyak lemak jenuh. Jika mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan akan menyebabkan resiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Susu tinggi lemak

Susu tinggi lemak
Susu tinggi lemak

Produk olahan susuh berlemak tinggi juga merupakan salah satu sumber lemak jenuh.  gantilah dengan susu rendah lemak, keju, yoghurt  atau beberapa makanan sejenis lain yang kadar lemaknya rendah.

makanan yang mengadung banyak gula

permen
permen

Makanan yang terlalu banyak mengandung gula juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Misalnya seperti sirup, permen, selain dan lain-lain. Jika tubuh ini terlalh banyak asupan gula sampai delapan sendok makan per hari, maka sehal darah putih akan mengalami penurunan kemampuan untuk menangkal penyakit sampai empat puluh persen. setelah gula tersebut mengendap selama 30 menit  efek dari gula yang berlebih akan terasa.

Itulah daftar beberapa makanan yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun, jauhilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh tinggi dan kadar gula yang tinggi. Semoga artikel kesehatan di atas bermanfaat sehingga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *