Daftar makanan yang bisa menjaga kesehatan otak

admin January 3, 2013 0


Otak memiliki peran yang sangat penting bagi manusia. otak merupakan pusat kendali dari semua aktifitas yang dilakukan tubuh manusia. Baik aktifitas yang dilakukan secara sadar atau di luar kesadarn. Kegiatan organ tubuh seperti sistem pencernaan, pernapasan, dan lain-lain tidak akan bekerja dengan baik jika otak mengalami masalah. Otak juga merupakan tempat penyimpanan data yang sangat luar biasa hebatnya. kita bisa mengingat dan banyak belajar dengan adanya otak ini.

Daftar makanan yang bisa menjaga kesehatan otak

Daftar makanan yang bisa menjaga kesehatan otak

Jadi kesehatan otak sangat penting sekali untuk dijaga. Selain dengan melindungi kepala dari benturan, kita juga harus memberikan nutrisi yang terbaik bagi otak. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mengkonsumsi makanan alami yang bisa menjaga kesehatan otak.

Daftar makanan untuk menjaga kesehatan fungsi otak

Apa saja makanan alami yang bisa menjaga kesehatan fungsi otak kita. Simak daftar makanan di bawah ini :

1. Biji-bijian utuh

Apa saja makanan yang termasuk biji-bijian? Contohnya adalah : gandum, dedak, bibit gandum, beras merah, oatmeal, roti gandum dan lain-lain. Makanan tersebut kaya akan asam folat. Makanan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan begitu fungsi otak baik secara kuantitas mupun kualitas akan menjadi lebih baik. Makanan tersebut juga mengandung vitamin b6 yang kaya dengan kandungan tiamin. Tiamin ini dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak.

2. Telor

Kandungan vitamin b12 dan lecitin pada telor dapat membantu melawan penyusutan pad aotak. pendeita alzheimer merupakan salah satu contoh orang yang mengalami penyusutan (atrofi). Lemak esensial juga terkandung pada telor.  Sementara itu untuk kuning telornya, meskipun penuh dengan kolesterol, ia mengandung kolin yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat.  Namun terlalu berlebihan mengkonsumi telor juga tidak baik. Perhari cukup 1 – 2 butir saja.

3. Sayuran hijau-hijauan

Sayuran hijau sangat baik bagi otak karena mengandung B6, B12, dan folat. Mereka merupakan menyawa yang bisa memecah tingkat homocystein yang bisa menyebabkan lupa.  Selain itu sayuran hijau juga mengandung zat besi yang dapat membatu fungsi kognitif.

4. Kacang dan benih

Asam lemak omega-3 dan omega-6, folat, vitamin E, serta  vitamin B6 ada pada berbagai bentuk kacang dan biji-bijian.  Dengan asupan zat -zat tersebut dapat membuat otak berpikir lebih jernih. Sementara itu omega tiga dalam makanan tersebut dapat berfungsi sebagai antidepresan alami.  Tiamin dan magnesium juga terkandung pada beberapa jenis biji dan kacang yang berfungsi memperbaiki memori dan kognitif.

5. Ikan

Ikan memiliki manfaat kesehatan untuk otak manusia, ini berlaku bagi semua tubuh ikan, apalagi otak ikan. Ikan memiliki kandungan omega tiga. Dengan mengkonsumsi ikan seminggu sekali dapat mencegah kita dari penyakit alzheimer. Kandungan asam lemak juga dapat melapisi neuron otak akibat tingginya kadang kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh yang bisa menyebabkan otak dari kekakuan. Omega tiga akan memasok oksigen lebih banyak ke otak dan meningkatkan pasokan informasi baru. Sementara, otak masih tetap akan mengingat informasi lama. Beberapa jenis ikan yang baik untuk kesehatan otak seperti ikan salmon, ikan tuna dan haring.

6. Buah berry

Meningkatkan ketrampilan motorik dan kemampuan otak secara keseluruhan merupakan perang yang dimiliki buah berry. Kandugan fisetin dan flavenoid yang terdapat dalam buah berry juga bisa sebagai antioksidan yang bagus untuk melawan penuaan otak.

7. Cokelat

Mengapa cokelat bisa masuk dalam daftar makanan yang baik bagi otak? karena cokelat mengandung antioksidan yang jumlahnya lebih tinggi dari makanan lainnnya. Kandungan flavonol pada cokelat membantu meningkatkan aliran darahke otak. Namun Jika ingin mengkonsumsi cokelat, pilih yang banyak kandungan kakaonya.

8. Teh

Baik teh hijau maupun teh hitam, setelah diseduh memiliki kandungan katekin. Katekin ini berfungsi menjaga ketajaman, kesegaran, dan fungsi pikiran. selain itu juga dapat memberikan rasa rileks serta melawan kelelahan pikiran. Pada teh hijau kandungan katekin nya lebih tinggi dari teh hitam.

9. Kari

Kari bisa baik untuk otak karena menmgandung kurkumin, kurkumin ini berperan membantu melawan penuaan otak dan dapat mempertahankan fungsi kognitif karena faktor usia.

10. Tiram

Tiram merupakan salah satu hasil laut yang baik bagi otak selain ikan. Karena tiram kaya akan zat besi dan seng. Kedua zat ini sangat berperan dalam menajamkan pikiran manusia. serta dapat meningkatkan kemapuan untuk mengingat informasi dengan mudah. Jika seseorang kekurangan kedua zat tersebut, dapat menyebabkan penyimpangan ingatan, konsentrasi yang buruk, juga akibat buruk lain pada tubuh. Makanan hasil laut ini dapat dikonsumsi oleh segala usia.

Itulah penjelasan daftar makanan yang baik bagi kesehatan otak kita. Makanan tersebut diatas bisa dapatkan dengan mudah di sekitar kita. jadi tidak ada alasan bagi kita untuk malas menjaga kesehatan otak. salam sehat.

 

Leave A Response »