Cara sehat menggunakan toilet umum

foto toilet umum

Apa yang anda lakukan jika tubuh anda mendesak untuk buang air sedangkan saat itu anda tidak ada di rumah. Mungkin anda sedang ada di mall atau kantor. Toilet umum, itu jawabannya. Definisi toilet umum adalah toilet yang ditempatkan di fasilitas umum, misalnya kantor, mall, restoran dan tempat-tempat umum lainnya, bukan hanya toilet yang berbayar seperti di pinggir jalan. Padahal kita tahu bahwa toilet umum adalah sumber bakteri penyakit seperti salmonella, streptococcus, E.coli dan berbagai macam virus yang dapat menyebakan penyakit pada tubuh kita.
foto toilet umum
Bakteri-bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh kita melalui sentuhan kita terhadap benda-benda yang juga disentuh oleh orang lain. Misalnya tombol flush pada kloset, pegangan pintu atau bahkan tempat tissue. Bisa juga di dinding dan tutup kloset. Namun jika tubuh berkehendak, mau tidak mau kita harus menuruti, daripada keluar tanpa permisi malah bisa jadi memalukan. Bahkan selain itu bisa juga merugikan diri anda sendiri karena dapat mengakibatkan komplikasi organ dalam.

Namun jangan takut dengan semua hal mengerikan yang menghantui toilet umum, tentu saja ada jalan untuk meminimalisir resiko yang ada. Anda bisa mengikuti tips dibawah ini.

1. Jangan meletakkan barang-barang yang anda bawa seperti tas di lantai toilet, ini akan rawan berpindahnya kuman dari lantai ke barang anda.
2. Flush dulu sebelum menggunakan kloset dengan keadaan tertutup. Ini digunakan untuk membilas sisa urine dan kotoran yang menjadi tempat tinggal bakteri.
3. Seka dudukan kloset menggunakan tissue jika menggunakan kloset duduk untuk membersihkan sisa air dan mungkin adanya kotoran disitu.
4. Gunakan pelapis dudukan toilet jika ada, atau gunakan tissue untuk melapisi dudukan toilet supaya bagian tubuh anda tidak berkontak langsung dengan dudukan kloset.
5. Semaksimal mungkin hindari kontak yang tidak perlu dengan benda-benda yang ada di toilet.
6. Jika sudah selesai, tekan flush dengan keadaan kloset tertutup untuk menghindari kuman yang terlontar keluar dan mengenai anda atau pakaian anda.
7. Cuci tangan anda dengan baik dan benar setelah menggunakan kloset, yang terbaik adalah 20-30 detik pencucian menggunakan sabun antiseptik.
8. Keringkan tangan menggunakan tissue setelah mencuci tangan dengan baik dan benar, jangan gunakan pengering.
9. Gunakan cairan pembersih tangan tanpa bilas jika anda membawanya.
cara sehat dan aman menggunakan toilet umum
Demikian adalah cara yang paling mungkin mengurangi kontak anda dengan bakteri penyakit di toilet umum. Memang cara ini tidak mudah dan cenderung merepotkan, namun ini sangat penting. Kesehatan bahkan lebih berharga daripada waktu anda 5-10 menit di toilet, bukan? Repot dan lama sedikit tidak sebanding dengan apa yang anda rasakan nanti jika sakit. Yang paling penting dari semua diatas adalah selalu menjaga tubuh anda tetap sehat dan kuat. Daya tahan tubuh yang sehat dan prima dapat mengatasi bakteri apapun yang masuk, terutama dari toilet umum. Dengan begitu anda tidak akan lagi menjadikan toilet umum suatu tempat yang mengerikan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *