Cara mudah dan murah untuk meredakan stress yang melanda

cara meredakan stress dengan mudah dan murah

 

Stres adalah suatu keadaan dimana seseorang tertekan atas ketidakmampuannya mengatasi sesuatu atau kejadian yang diluar harapan. Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam satu titik hidupnya, dikarenakan stres pasti terjadi bagi orang yang hidup, aktif dan berpikir. Stres juga dianggap sebagai penyebab hilangnya kebahagiaan dan juga menyebabkan beberapa jenis penyakit. Stres memang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat karena semua energi terfokus ke otak. Stres juga sering dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Sayang sekali jika tidak banyak orang yang tidak mengerti bahwa stres itu tak terelakkan dari hidup dan bagaimana mengatasi stres ringan dalam hidup sebelum bertambah lebih parah.

cara meredakan stress dengan mudah dan murah

Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah rekreasi. Rekreasi digunakan untuk mengendurkan ketegangan otak dengan mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang menyenangkan. Rekreasi ditegaskan sebagai sebuah hal yang penting untuk kesehatan jiwa karena tekanan yang berat harus disalurkan sehingga tidak menyebabkan frustasi atau depresi, demikian kata para ahli psikologi. Namun yang dipahami orang rekreasi adalah selalu berlibur, entah itu di dalam kota ataupun luar kota. Dan ini tentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Padahal ada rekreasi penghilang stres yang murah dan tidak mengurangi waktu dan menggunakan biaya. Ini dia contohnya:

  • Membaca buku atau majalah. Dengan membaca buku atau majalah yang ringan kita akan berhenti sejenak untuk memikirkan segudang masalah yang kita hadapi. Membaca buku dapat membuat kita masuk ke dalam dunia baru sesuai apa yang kita baca. Membaca di malam hari sangat dianjurkan supaya kita dapat tidur cepat dan lebih nyenyak. Dengan kamar tidur yang hangat dan nyaman dikombinasikan dengan buku yang bagus dan ringan, anda bisa fokus kembali untuk mengatasi masalah keesokan harinya tanpa harus merasa tertekan.
  • Menikmati pemandangan hijau. Sebenarnya banyak tempat yang dapat digunakan sebagai penghilang stres di sekitar kita. Anda bisa pergi keluar sebentar menuju ke taman di dekat rumah anda lalu duduk tenang disana. Luangkan waktu lima menit saja untuk menghirup oksigen yang dihasilkan oleh pohon-pohon di sekitar anda. Dengan ini otak anda akan lebih siap dan tidak tertekan.
  • Ambil jeda waktu dan meditasi. Jika anda sudah emosi dan merasa sangat tertekan, cobalah ambil waktu sejenak untuk mengalihkan perhatian anda. Fokuskan pandangan pada sesuatu yang baru misalnya melihat ke jendela, pohon bergerak tertiup angin, orang lalu lalang, meminum secangkir teh dan sebagainya. Cara lain adalah dengan mencari tempat yang sepi, sejuk dan nyaman lalu cobalah untuk bermeditasi selama 15 menit. Aliran darah yang normal ke otak akan membuat rasa tertekan anda sedikit berkurang.

Demikian adalah cara yang mudah dan murah untuk meredakan stres. Semoga ini membantu anda dalam menghadapi dan menyembuhkan stres akibat tekanan hidup dan pekerjaan. (iwan)

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *