Cara merawat pagina dengan baik dan benar – bagian pertama

cara merawat vagina

Bagi orang dewasa, organ vital merupakan hal yang penting untuk selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Terutama wanita yang memiliki organ vital yang lebih rentan terhadap penyakit daripada pria, apalagi jika tidak dijaga kebersihannya. Tak sedikit wanita dewasa yang mengabaikan masalah kesehatan daerah genital yang disebut pagina. Cara merawat pagina seharusnya diberikan sejak kecil, tidak hanya ketika beranjak remaja seperti yang sering dilakukan oleh orang tua sekarang. Dengan mendidik mereka semenjak dini, saat remaja akan terjadi kebiasaan baik untuk merawat pagina dengan benar.

cara merawat pagina

Namun sayangnya membicarakan tentang masalah genital adalah hal yang tabu, sehingga orang tua tidak ingin membahasnya dengan anak-anak. Ketika beranjak dewasa, ada beberapa perubahan pada pagina, namun anak-anak tidak tahu, inilah yang berpotensi menjadikan mereka sasaran empuk untuk penyakit. Meskipun adat dan norma sopan santun tetap berlaku, namun tidak ada salahnya orang tua memberikan pengertian tentang daerah genital kepada anak perempuannya. Tentu saja dengan cara penyampaian yang ilmiah, terutama untuk mengajarkan pola kebersihan pada daerah genital.

Seperti diketahui, cara merawat pagina tidak hanya melalui bagian yang tampak, tapi juga bagian yang tidak tampak. Apa yang dikonsumsi seorang wanita, mempengaruhi kesehatan paginanya. Menjaga kesehatan pagina dengan merawat dan membersihkannya adalah hal yang penting karena pagina yang sehat akan membuat wanita dewasa percaya diri dalam berpenampilan. Saat pagina sehat, ia tidak akan berbau anyir atau tak sedap saat haid atau adanya keputihan yang berdampak psikologis pada perempuan. Berikut adalah perawatan area kewanitaan yang benar:

Cara merawat pagina

• Pap Smear.
Pemeriksaan dan perawatan pagina ini dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter ahli genekologi. Perawatan dilakukan dengan mengambil getah-getah dari daerah kelenjar dan melihat apakah ada kemungkinan penyakit yang timbul. Mendeteksi sejak awal penyakit dapat memudahkan kita untuk melakukan pengobatan. Hal ini dapat mengurangi resiko penyakit rahim. Namun tidak semua dokter dapat melakukan Pap Smear dengan benar, pilihlah dokter yang terbaik dan sudah direkomendasikan oleh beberapa orang. dan jangan lupa, pilihlah dokter wanita.

• Pola makan yang benar.
Pola makan yang tidak sehat dapat mengakibatkan pagina tidak sehat. Jaga pola makan anda dengan menghindari konsumsi berlebihan pada makanan yang menyebabkan keputihan seperti nanas, semangka, bengkoang dan beberapa jenis sayuran putih. Kurangi porsi makanan ini pada saat anda haid. Wanita dewasa yang menyukai makanan manis pun perlu dikurangi dikarenakan makanan manis dapat meningkatkan kadar keasaman di dalam pagina. Mengkonsumsi yoghurt lebih baik daripada mengkonsumsi susu atau minuman yang mengandung gula berlebih.

• Olahraga secara teratur.
Olahraga merupakan saran yang tidak asing dalam menjaga kesehatan. Namun cara ini memang cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan anda. Untuk para wanita, berolahraga secara teratur dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar pagina. Olahraga yang disarankan adalah lari kecil namun teratur. Yang perlu menjadi perhatian adalah jangan menggunakan pakaian ketat ketika berolahraga, gunakan pakaian yang sedikit longgar, mampu menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara baik.

Masih ada lagi beberapa cara untuk merawat pagina, namun akan kami teruskan pada artikel selanjutnya. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *