Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Tekanan darah tinggi adalah penyakit umum yang bisa dialami oleh siapa saja dan berbagai rentang usia. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tekanan sistoliknya d atas 140 dan tekanan diastoliknya di atas 90. Pengobatan medis merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun ada berbagai hal di luar obat-obatan yang perlu anda ikuti agar tekanan darah bisa menjadi normal kembali. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Konsumsi makanan sehat. Sangat sulit rasanya menurunkan tekanan darah jika tidak diimbangi dengan mengatur pola makan. Ada berbagai makanan sehat yang bisa anda konsumsi, seperti buah dan sayur, biji-bijian, serta makanan rendah lemak dan kolesterol. Beberapa makanan sehat seperti susu dan keju memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Anda bisa menggantinya dengan versi rendah lemaknya. Jangan lagi makan sesuka hati karena ini akan semakin meningkatkan tekanan darah anda. Konsumsi potasium untuk penderita hipertensi sangat penting. Silakan konsumsi buah dan sayur yang mengandung zat ini. Tips penting lainnya adalah jangan berbelanja berlebihan. Ada kecenderungan anda belanja bulanan terlalu banyak, padahal ini justru akan membuat pola makan anda menjadi tidak terkontrol. Belilah makanan bulanan secukupnya, caranya adalah buat daftar belanja sebelum berangkat ke supermarket.

Batasi konsumsi garam. Tidak hanya makanan berlemak, namun makanan bersodium tinggi juga bisa memicu hipertensi. Jika anda ingin tekanan darah lebih terkontrol, kurangi konsumsi garam. Garam memang bumbu dapur paling penting. Namun demi kesehatan, anda sebaiknya membatasi konsumsinya. Jangan makan garam lebih dari 2.300 mg setiap hari, lebih baik lagi di bawah 1.500 terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia 50 tahun.

Turunkan berat badan. Selama ini berat badan sering dianggap sebagai penyebab tekanan darah tinggi yang paling utama. Pola makan yang tidak sehat, misalnya makanan berlemak bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini memang tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan terakumulasi sepanjang kita hidup. Untuk menurunkan tekanan darah, mulai dari sekarang aturlah pola makanan dan kurangi berat badan anda. Berat badan tidak hanya berdampak langsung pada tekanan darah, namun efektivitas obat akan lebih baik pada mereka yang memiliki berat badan normal. Yang bisa anda jadikan indikator adalah lemak di sekitar pinggang. Jika lingkar pinggang anda melebihi ukuran normal, silakan berolahraga untuk membakar lemak pada area tersebut.

Berolahraga secara rutin. Olahraga merupakan ritual yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Anda tidak harus melakukan olahraga ekstrim untuk membentuk otot atau semacamnya. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berlari atau jalan santai setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur setiap hari selama setengah jam bisa menurunkan tekanan darah hingga 8 mm Hg. Terlepas dari apakah anda memiliki tekanan darah tinggi atau tidak, faktanya olahraga selalu diperlukan untuk menjaga kesehatan. Oleh sebab itu luangkanlah waktu anda barang 30 menit setiap pagi untuk jogging.

Menghindari kebiasaan buruk. Selain semua tips di atas, menghentikan kebiasaan buruk juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kebiasaan buruk yang sebaiknya dikurangi atau dihentikan antara lain konsumsi alkohol, rokok, dan kafein.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *