Cara menjaga kesehatan jantung kita

admin July 26, 2012 0


jantung gambar

Jantung adalah sebuah organ berotot dan berongga yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dengan kontraksi yang memiliki irama dan berulang terus menerus. Jantung adalah penopang kehidupan kita. Jika jantung berhenti bekerja, maka selesailah hidup kita. Selain itu, meskipun jantung tidak berhenti, namun jika kerjanya tidak normal atau rapuh, hidup kita pun akan tidak normal. Kesehatan kita terganggu karena peredaran darah tidak normal. Belum lagi kemungkinan penyakit yang menyerang sebagai imbas dari tidak normalnya peredaran darah kita. Untuk itu merawat dan menjaga jantung tetap sehat adalah kewajiban setiap manusia yang hidup.

Organ jantung ini meskipun kecil, namun mempengaruhi seluruh tubuh, bahkan dirinya sendiri. Berikut adalah cara menjaga kesehatan jantung yang dapat dilakukan siapa saja dengan mudah, namun harus rutin.

Menjaga kesehatan jantung dengan bernafas yang baik.
Jantung dekat dengan paru-paru sehingga nafas yang perlahan menjaga jantung tetap normal. Menghirup banyak oksigen juga bagus dilakukan mengingat jantung juga sangat membutuhkan oksigen sebagai suplai makanan.

Menjaga kesehatan jantung dengan melakukan relaksasi.
Relaksasi adalah aktivitas meredakan ketegangan dan menenangkan diri. Relaksasi secara rutin setiap hari akan mengurangi tekanan darah dan menjaga jantung tidak bekerja terlalu keras. Selain itu tanpa relaksasi hormon stress akan tinggi dan membuat masalah pada sistem kardiovaskuler.

Menjaga kesehatan jantung dengan tidur cukup pada malam hari.
Bergadang dapat menyebabkan detak jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Ini adalah sebuah peringatan bahwa jantung anda membutuhkan istirahat. Kebiasaan tidur awal sangat baik bagi kesehatan. Tidur terlalu malam, bahkan melewati tengah malam dapat secara perlahan mengeraskan pembuluh darah.

cara menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung dengan jalan kaki.
Jalan kaki adalah aktivitas yang sederhana, tidak banyak mengeluarkan biaya, namun bermanfaat bagi tubuh. Berjalan kaki dapat melancarkan peredaran darah serta menambah asupan udara segar ke dalam tubuh. Berjalan cepat sejauh 3 km sehari dapat menurunkan berat badan, menguatkan jantung dan melancarkan sirkulasi darah sehingga terbebas dari penyakit.

Menjaga kesehatan jantung dengan berhenti merokok.
Merokok dapat meracuni darah dengan nikotin dan tar. Selain radikal bebas ini menyebabkan kanker, ini juga membuat kekentalan darah menjadi meningkat. Disamping itu asupan oksigen ke dalam darah juga berkurang karena paru-paru tidak berfungsi normal. Seperti yang anda tahu, jantung bisa berhenti jika kekurangan asupan oksigen.

Menjaga kesehatan jantung dengan berhenti mengkonsumsi makanan cepat saji.
Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak tak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh jantung. Selain itu makanan cepat saji dapat menyebabkan obesitas, penyakit kronis dan diabetes. Memasak makanan sendiri sangat disarankan supaya anda dapat mengatur komposisi bahan makanan yang anda makan.

Selain hal-hal diatas, mengkonsumsi buah yang penuh vitamin dan mineral, banyak minum air putih, minum teh hijau dan teh putih dan konsumsi kacang-kacangan dapat menjaga kesehatan jantung. Mengingat pentingnya jantung, maka saran kami adalah supaya anda menyayangi jantung anda, sebelum jantung anda mogok bekerja dan merugikan anda.

 

Leave A Response »