Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Pola Hidup Sehat

cara menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh kita yang sangat penting perannya. Fungsi jantung adalah mengalirkan darah ke seluruh tubuh kita. Jika tanpa jantung bagaimana kita bisa hidup. Jantung yang tidak normal juga akan berdampak pada kesehatan kita.

cara menjaga kesehatan jantung
gambar jantung

Salah satu jenis penyakit jantung yang harus diwaspadai adalah penyakit jantung korener, penyakit ini dapat menyebabkan serangan jantung. Kita dapat menjaga kesehatan jantung sehingga dapat menekan serendah mungkin resiko penyakit jantung dengan pola dan kebiasaan hidup yang sehat.

Cara menjaga kesehatan jantung

Simak  beberapa cara menjaga kesehatan jantung agar tidak mudah terkena penyakit jantung menurut sidomi di bawah ini.

Menjaga berat badan

menjaga berat badan agar jantung sehat

Jika berat badan kita semakin bertambah, maka semakin bertambah pula resiko kita terserang penyakit jantung.  Jadi kontrollah berat badan ideal anda, perhatikan ukuran tubuh anda. karena berat badan mempunyai pengaruh yang cukup siginifikat terhadap penyakit jantung. Dengan melakukan ini bukan hanya kesehatan jantung yang terjaga, namun penampilan anda juga akan terjaga.

Olahraga rutin

Olahraga rutin menjaga kesehatan jantung

Secara rutin lakukan akfitas sederhana namun besar efeknya, seperti jalan pagi, berkebun, atau naik turun tangga.  Ini karena jantung merupakan otot, jadi ia juga memerlukan juga memerlukan olahraga. Lakukan kegiatan di atas secara rutin, jadi anda tidak perlu melakukan olahraga mati-matian untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Atur pola makan

atur pola makan jantung sehat

Aturlah pola makanan anda setiap hari dengan makanan yang sehat. Prosentase dari buah dan sayuran harus lebih tinggi dari pada makanan jenis lainnya. Seperti tiga dari karbohidrat dan sepertiga akhir dari protein.  Dengan diet yang sehat maka juga akan membuat jantung anda menjadi sehat.

Jangan Merokok

Jangan Merokok demi kesehatan jantung

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, salah satunya terhadap kesehatan jantung. Jadi jika masih sayang dengan jantung anda, segeralah berhenti merokok. Merokok dapat merusak jantung dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah semakin sempit maka jantung harus bekerja lebih keras, hal inilah yang menjadi pemicu serangan jantung.

Tidur malam yang cukup

tidur malam cukup

Jangan sampai kekurangan tidur ketika malam hari. Dari hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika tubuh kekurangan waktu tidur malam maka dapat meningkatkan tekanan darah, mempengaruhi hormon serta tingkat gula darah. Jadi dengan tidur malam yang cukup memungkinkan kita terhindar dari resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan jantung, terlihat sederhana dan sepele, namun jika dilakukan dengan teratur insyaAlloh dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *