Cara mengatasi permasalah bau pada kaki

cara menghilangkan bau kaki

Pernahkah suatu ketika anda melepas sepatu atau kaos kaki dan mencium bau yang tidak sedap dari kaki anda? Anda tidak sendirian, semua orang pasti pernah mengalaminya. Masalah bau kaki memang membuat kita tidak nyaman, bahkan menjadi minder ketika kita diharuskan melepas sepatu. Menurut American College of Foot and Ankle Surgeons, bakteri dan jamur adalah penyebab bau pada kaki. Umumnya bakteri dan jamur ada di sepatu anda dan masuk ke dalam kulit anda. Tentu saja tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan di dunia ini, berikut adalah tipsnya.

cara menghilangkan bau kaki

Penggunaan antiperspirant di telapak kaki
Antiperspirant adalah kosmetik yang biasa digunakan pada ketiak yang berfungsi untuk mengurangi keluarnya keringat dengan mempersempit pori-pori. Jika senyawa ini bisa untuk ketiak, maka bisa juga untuk kaki.

Rendam kaki dengan air yang diberi baking soda
Ketika akan tidur atau setelah melakukan aktivitas, cuci kaki anda dengan air hangat yang diberi sedikit baking soda. Hal ini digunakan untuk mengurangi bau yang dihasilkan, juga mengurangi jumlah bakteri dan jamur yang ada di kaki.

Cuci kaki dengan sabun jerawat yang mengandung benzoil peroksida
Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri yang ada pada jerawat. Ini tentu saja dapat diterapkan pada kaki untuk mengurangi bau dikarenakan agen utama yang menyebabkan bau adalah bakteri. Cuci kaki anda dengan baik, terutama di sela-sela jari untuk menghilangkan bakteri.

Gunakan obat kumur
Obat kumur bekerja dengan cara yang sama dengan sabun jerawat yakni membunuh bakteri yang ada. Oleh karena itu ini dapat diterapkan pada kaki untuk mengurangi bau yang disebabkan bakteri. Rendam kaki anda dengan air yang dicampur obat kumur paling tidak sehari sekali selama 5 menit.

Mengkonsumsi suplemen Zinc dan Magnesium
Kekurangan mineral tidak hanya mengganggu kesehatan namun juga meningkatkan resiko bau badan. Menurut para pakar di Columbia University, dengan mengkonsumsi daging sapi, salmon, biji labu dan yogurt dapat menambah asupan Zinc dan Magnesium dalam tubuh anda. Namun sebelum memutuskan mengkonsumsi suplemen, lebih baik anda berkonsultasi ke dokter.

Lebih sering berganti sepatu dan melapisi sepatu dengan kertas pengering
Sering berganti sepatu dapat mengurangi resiko bau kaki. Setidaknya anda tidak mengenakan sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut karena biasanya sepatu tersebut belum kering dari keringat anda. Menambahkan kertas pengering pada dasar sepatu sepertinya lumayan aneh, tapi ini dapat menyerap keringat anda dan menjaga kaki tetap kering.

Gunakan kaus kaki berbahan katun
Penggunaan kaos kaki dapat mengurangi bau yang dihasilkan jika bahannya dari katun. Katun dapat menyerap keringat dengan baik dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. Pastikan kaus kaki dan kaki anda telah kering sehingga tidak memicu kelembaban dan bau tidak sedap.

Melumuri kaki dengan tepung maizena
Sebelum memakai kaus kaki, lumuri kaki anda dengan tepung maizena setelah sebelumnya memastikan kaki anda benar-benar kering. Tepung maizena akan menyerap keringat anda sehinga bakteri tidak berkembang biak.

Demikian cara untuk mencegah terjadinya bau kaki. Semoga dengan ini kaki anda dapat terbebas dari bau kaki dan menambah kepercayaan diri anda. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *