Cara mengatasi penyakit pilek atau flu di rumah secara mandiri

penyakit pilek flu

penyakit pilek flu

Penyakit pilek atau influenza atau flu memang cukup familiar dengan hidup kita. Ia datang tak diundang, seringnya pada masa pergantian musim. Semenjak bayi kita sudah terbiasa dengan penyakit bersin-bersin, hidung beringus, suara parau, batuk-batuk dan pusing. Pilek membuat makan tidak terasa enak karena reseptor di hidung yang juga mempengaruhi penilaian terhadap rasa terganggu lendir. Flu sendiri sebenarnya adalah sebuah peringatan yang dihasilkan oleh tubuh ketika merasa dalam bahaya. Bahaya yang dimaksud adalah adanya penyusup berupa virus di dalam tubuh kita dan harus diperangi. Virus yang masuk pun beragam, namun yang paling umum adalah RNA.

Dewasa ini beredar strain lain dari virus flu, yakni H5NI yang disebut virus flu burung karena menjangkiti unggah, namun bisa menular kepada manusia. Yang lain adalah virus H3N2 yang disebut sebagai flu Hongkong karena pertama kali ditemukan disana. Masih ada beberapa virus yang bermutasi dari virus flu biasa. Dua yang disebutkan diatas jika tidak ditangani dengan benar dapat berakibat kematian. Virus memang tidak bisa diberantas sempurna. Terutama virus flu yang terus bermutasi sepanjang waktu. Oleh karena itu supaya sehat manusia harus menjaga imunitasnya. Antibiotik tidak akan membantu penyakit yang disebabkan oleh virus karena antibiotik hanya manjur pada bakteri sedangkan virus sangat berbeda dari bakteri.

cara mengatasi pilek flu

Cara melakukan perawatan terhadap penyakit flu

Untuk mengobati flu ringan (bukan flu burung dan jenis berbahaya lainnya) cukup dengan melakukan perawatan di rumah. Pengobatan sederhana yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memperbanyak istirahat, sementara tidak beraktivitas berat.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C.
  • Mengkonsumsi minuman hangat yang mengandung rempah seperti jahe.
  • Jaga suhu tubuh tetap hangat dengan cara memakai baju yang cukup tebal.
  • Untuk ibu hamil, jangan mengkonsumsi obat anti flu karena tidak baik bagi kehamilan, apalagi bagi janin yang berumur kurang dari 3 bulan. Cukup lakukan terapi dengan minum ramuan jahe dan makan buah-buahan saja.
  • Memakan makanan bergizi untuk meredakan rasa tak enak selama flu. Makanan ini seperti sup ayam, aneka sayuran yang mengandung serat, serta kaldu ayam yang hangat dapat mengencerkan lendir.
  • Jika hidung tersumbat, siapkan air panas yang sudah diberi minyak kayu putih. Uap air panas yang dihasilkan mampu meningkatkan kelembaban udara kamar dan melegakan hidung yang tersumbat. Cara ini juga dapat mengatasi balita yang rewel karena hidungnya tersumbat.
  • Jika disertai demam, sebaiknya meminum obat penurun panas seperti paracetamol.
  • Jangan menggunakan antibiotik, tidak akan berguna bagi flu dan justru menambah imunitas bakteri dalam tubuh anda.
  • Perbanyak minum air putih selama sakit sehingga keseimbangan cairan selalu terjaga.
  • Jika sakit sudah melebihi satu minggu, periksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab sakit anda karena umumnya flu biasa tidak begitu lama.

Yang terpenting adalah kita tidak menganggap remeh segala penyakit yang datang ke dalam tubuh kita, sekecil dan seringan apapun itu. Lebih baik mencegah daripada mengobati karena sakit itu tidak enak.

Facebook Comments

3 comments

  1. dindaa slalu tersexum

    ouwh itu atuh cara menghilangkan sakit flu!
    dan juga terimakasih atas informasinya!!!!!!

  2. Jefry

    Flu dan pilek bisa menyerang siapa saja, tidak hanya anak2 orang tuapun bisa terkena dan walalupun terlihat sepele namun bila sudah terserang bisa sangat mengganggu ritinitas kita
    terima kasih atas tips2nya, sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *