Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang – Sebab Ngantuk Setelah Makan

admin March 6, 2012 7


Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang - Sebab Ngantuk Setelah Makan

Mengantuk merupakan salah satu tanda yang diberikan tubuh kepada kita agar beristirahat. Jadi mengantuk adalah hal yang wajar. Namun itu tidak berlaku jika kita mengantuk setelah makan siang. mengantuk setelah makan merupakan pertanda bahwa ada yang salah dalam makanan, enzim atau kondisi kadar gula darah kita. Mengantuk setelah makan ini disebut dengan istilah food coma.

Mengantuk di siang hari tentunya sangat mengganggu, karena umumnya siang hari merupakan waktu kita bekerja. Jika kita bekerja di temani rasa ngantuk ada kemungkinan perkerjaan kita tidak bisa maksimal, bahkan bisa saja terjadi kesalahan. 

Penyebab ngantuk setelah makan Siang

Ahli nutrisi Dr. Allan Spreen dalam republikbm.blogspot.com mengatakan, Kita umumnya mempunyai jadwal makan rutin yaitu sarapan pada jam 8.00, makan siang pada jam 12.00 dan makan malam pada jam 19.00. Dengan jadwal makan seperti ini, food coma sering terjadi pada jam 10.00 (2 jam setelah sarapan), jam 14.00 (2 jam setelah makan siang) dan jam 16.00 (3 jam sebelum makan malam). Sehingga dua jam setelah waktu sarapan dan makan siang, tubuh terasa lebih lemah dan mengantuk akibat aktivitas seluruh tubuh mengolah dan menyerap makanan. Sementara tiga jam sebelum makan malam, tubuh terasa lemas akibat kadar gula darah yang menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasi ngantuk setelah makan siang ? ikuti beberapa tips sederhana yang disandur dari Livestrong via detik health di bawah ini :

Cara agar tidak mengantuk setelah makan siang

1. Makan karbohidrat kompleks
Makanlah makanan yang mengandung protein, zat besi, dan karbohidrat kompleks. Zat besi memungkinkan tubuh menghasilkan hemoglobin yang diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan energi. Sedangkan karbohidrat kompleks dapat memberikan glukosa pada tubuh yang berguna sebagai bahan bakar yang membantu fungsi tubuh, namun dicerna dengan lebih lambat sehingga naiknya gula darah tidak berlangsung cepat.

2. Batasi makanan mengandung gula dan lemak
Batasi makanan yang mengandung gula dan lemak saat makan siang untuk menghindari ‘kecelakaan energi’. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun juga cepat habis sehingga akan membuat tubuh terasa lelah. Jika kamu ingin makan makanan yang manis, makan saja buah buahan yang rasanya manis.

3. Lakukan gerakan ringan di kantor
Melakukan gerakan-gerakan ringan dapat membantu mengurangi rasa ngantuk, seperti loncat-loncat, peregangan, pernapasan, atau bisa juga push-up. Kadar oksigen dalam darah dapat meningkat dengan latihan ringan ini sehingga dapat meningkatkan energi pada tubuh kita.

4. Makan secukupnya, Jangan  berlebihan
Batasi porsi makan siang dan hindari makan secara berlebihan. Kamu akan mudah merasa lelah dan mengantuk ketika mencerna makanan dalam porsi besar.

5. Cukup tidur malam
Usakan untuk tidur minimal 8 jam setiap malam agar tubuh dapat istirahat dengan baik. Tidak cukup tidur atau tidak yang terlalu sedikit dapat mengganggu jam biologis tubuh sehingga dapat membuat tubuh merasa lebih lelang pada siang hari.

6. Setelah makan siang, minum air putih yang banyak.
Minum air putih setelah makan siang akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semua organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Kantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi, jadi tidak cukup minum setelah makan siang bisa membuatnya lebih buruk.

Itulah beberapa cara mengatasi ngantuk setelah makan Siang, selamat menerapkan apa yang tertulis di atas. Semoga bisa membantu kamu mengatasi rasa ngantuk setelah makan siang.

 

7 Comments »

  1. robbie ismail November 22, 2013 at 2:47 pm -

    Terimakasih sobat atas artikel yang bermanfaat.

  2. Rizal October 1, 2013 at 8:06 am -

    Alhamdulillah
    Bagus sekali infonya

  3. jam tangan May 17, 2013 at 2:32 pm -

    terima kasih informasinya, berguna sekali :)

Leave A Response »