Cara mengatasi dan mencegah penyakit bibir pecah-pecah

Cara mengatasi dan mencegah bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah adalah satu paket komplit yang biasanya datang saat kita panas dalam. Seringnya ini terjadi pada musim kemarau, saat cuaca sedang panas-panasnya. Penyakit ini sepertinya sederhana dan tidak berbahaya, namun jika anda sudah merasakannya tentu akan tahu bagaimana rasanya. Pedih dan risih ketika makan akan menjadi sahabat anda saat terkena sakit bibir pecah-pecah. Selain itu bibir pecah-pecah dapat mengakibatkan peradangan dan menimbulkan luka goresan. Retakan dan pendarahan pada bibir bisa terjadi jika tidak ditangani dengan benar. Hal ini dapat mengganggu kegiatan anda, tentunya.
Cara mengatasi dan mencegah bibir pecah-pecah
Bibir pecah-pecah ini dapat dicegah dengan berbagai macam cara. Jika sudah mengalaminya, juga bisa diobati, asalkan telaten dan sabar. Cara pencegahan yang efektif adalah dengan berusaha untuk tidak menjilat bibir anda. Biasanya orang melakukan ini untuk berusaha melembabkan bibir. Padahal hal ini hanya akan membuat bibir lembab sementara waktu. Setelah air ludah mengering maka bibir akan lebih kering dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan kelembaban bibir hilang oleh air liur dan enzim pencernaan yang berada di air liur justru akan berusaha “mencerna” bibir anda. Maka dari itu, berusaha untuk tidak menjilat bibir adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kelembaban bibir.

Menjaga kelembaban bibir dapat anda lakukan dengan memperbanyak minum air. Menggunakan lipbalm yang mengandung sunscreen ketika di luar ruangan juga dapat membantu bibir anda supaya tidak pecah-pecah, terutama bagi bibir yang sensitif. Berhentilah merokok karena rokok akan mengeringkan minyak bibir dan membuat bibir tidak lagi lembab sehingga akan sangat mudah sekali pecah-pecah.

Jika ternyata anda masih terkena penyakit bibir pecah-pecah ini, tidak usah khawatir, ada cara untuk menanganinya. Yang pertama adalah gunakan lip balm yang diproduksi khusus untuk bibir pecah-pecah. Produk ini akan mencegah bibir pecah-pecah anda meluas dan tambah parah. Kemudian angkat kulit yang mati dari bibir anda dengan mengoleskan vaseline dalam jumlah kecil e sikat gigi yang masih baru dan hanya sekali pakai. Gosok perlahan hingga semua kulit kering anda bersih tak tersisa. Jika terjadi pendarahan, jangan lakukan hal ini karena akan dapat menimbulkan infeksi. Oleskan dulu krim hydrocortisone sampai pendarahannya berhenti dan lukanya mengering baru anda bisa membersihkan sel kulit keringnya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah jika ruangan anda berpendingin udara, setel pada suhu yang cukup untuk mengatur kelembaban pada tingkat normal. Hal ini dikarenakan suhu yang tinggi dan kelembaban yang kurang dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah. Mengoleskan sedikit mentega juga dapat dilakukan untuk menjaga bibir tetap lembut dan menyembuhkan retakan pada bibir. Mengoleskan cairan hasil bunga mawar yang direndam ke dalam susu selama beberapa jam juga dapat membantu mengatasi kekeringan serta mencegah hilangnya warna kemerahan pada bibir.

Selain yang tersebut diatas, untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah, anda harus memastikan makanan yang anda konsumsi mengandung cukup vitamin B, zat besi dan asam lemak esensial lainnya. Karena kekurangan zat-zat ini dapat menyebabkan penyakit ini muncul. Jika anda tidak yakin, anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk saran yang lebih tepat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *