Cara Mengatasi dan melindungi diri dari penyakit influenza

Cara Mengatasi penyakit virus influenza

Cara Mengatasi penyakit virus influenza

Penyakit yang sering diderita oleh masyarakat dan dianggap ringan adalah flu. Banyak yang mengira bahwa flu adalah penyakit karena hujan atau dingin. Padahal flu disebabkan oleh virus influenza yang ditularkan melalui udara. Pada umumnya ketika keadaan sangat dingin atau cuaca berubah tak menentu, kekebalan tubuh manusia menjadi berkurang dan menyebabkan kita menjadi menjadi lemah dan terbuka untuk diserang virus. Virus flu ini terus bermutasi sehingga hampir tiap tahun kta akan terkena penyakit flu. Meskipun dianggap penyakit ringan, terserang flu juga tidak bisa dibilang ringan. Flu membuat produktifitas kita menurun dan kegiatan tidak lagi lancar dan menyenangkan.

Flu tidak hanya menyerang manusia, namun juga menyerang hewan dan unggas. Virus ini banyak bermutasi menjadi strain yang lain. Strain lain yang menyerang hewan lebih berbahaya daripada yang menyerang manusia tiap pergantian musim. Strain H1N1, H1N2 dan seterusnya merupakan jenis virus flu mematikan yang ditularkan dari hewan ke manusia dan dapat menyebabkan epidemi.

Flu jenis ini sering disebut sebagai Flu Spanyol, Flu Hongkong, Flu Burung dan Flu Babi. Flu ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat. Untuk virus jenis ini, perawatan harus lebih intensif karena jika tidak akan menyebar dan menyebabkan kematian dalam jumlah besar. Pemerintah melalui departemen kesehatan masih terus aktif mencari kasus flu khusus ini dan mengisolasinya supaya tidak menjadi epidemi. Pemerintah juga sudah banyak memberikan sosialisasi mengenai bahaya flu jenis ini dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Cara mencegah flu adalah mencegah tertularnya virus tersebut ke dalam tubuh anda. Cuci tangan setiap saat dengan sabun. Cucilah tangan anda kapan saja saat merasa tangan anda tidak bersih dan baru saja berada di tempat umum. Selain itu juga menjaga pola makan dan asupan vitamin yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak akan kalah dengan virus yang memasuki tubuh anda. Vitamin C dapat diutamakan, diambil dari buah dan sayur. Olahraga yang teratur juga dapat membantu tubuh untuk melatih daya tahan.

Jika sudah terlanjur terkena flu, anda harus merawatnya supaya tidak tambah parah. Istirahat pada saat terkena flu wajib hukumnya. Istirahat dilakukan dengan tidur bisa membantu sistem imunitas berkonsentrasi menghadapi virus dalam tubuh anda. Tinggal di rumah adalah satu-satunya cara untuk merawat penyakit flu dan tidak menularkannya kepada orang lain. Selain itu perbanyak minum air putih akan mendorong pembersihan racun-racun yang dihasilkan oleh virus dan sistem kekebalan tubuh.

Cara terbaik untuk mengatasi flu ketika sudah terjangkit adalah dengan pergi ke dokter. Dokter bisa tahu persis penyakit apa yang anda derita, dengan begitu penanganan cepat dapat dilakukan dan proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat. (Iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *