Cara Mengatasi berat badan berlebih atau obesitas

Cara Mengatasi berat badan berlebih atau obesitas

Pada artikel yang lalu kita telah membahas mengenai obesitas dan akibat yang ditimbulkannya. Seperti biasa, tidak ada sesuatu yang tidak memiliki jalan keluar, termasuk obesitas. Seperti kita ketahui bersama bahwa tubuh yang mengalami obesitas dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah gangguan insulin yang menyebabkan kadar gula dalam darah tidak normal sehingga terjadilah diabetes tipe dua. Jika tidak segera diatasi, maka dapat meningkatkan resiko penyakit yang lain termasuk serangan jantung.

Cara Mengatasi berat badan berlebih atau obesitas

Obesitas dapat diatasi jika ditangani secepat dan sedini mungkin dengan benar. Dokter umumnya akan menyarankan penderita obesitas untuk melakukan diet sebagai salah satunya jalan yang untuk mengatasi masalah berat badan yang diderita. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian anda saat menurunkan berat badan. Hal-hal ini antara lain adalah mengurangi kebiasaan makanan sedikit demi sediki, jangan melakukan perubahan pola makan besar-besaran karena akan membuat pencernaan anda terkejut. Perubahan pola makan harus dilakukan konsisten secara perlahan.

Sebaiknya, dicarikan makanan pengganti yang mengandung nutrisi menyehatkan. Jika anda terbiasa dengan makanan cepat saji, bisa diganti dengan sayuran yang lebih sehat. Sayuran tidak akan menambah berat badan anda meskipun anda makan banyak, bahkan dapat membantu dalam metabolisme tubuh anda. Selain itu, anda dapat mengganti kopi dengan susu kedelai atau air mineral. Lalu, jangan makan dengan porsi yang besar sekaligus. Hal ini merupakan langkah penimbunan makana dalam tubuh anda. Lebih baik makan 3-4 kali sehari secara teratur dalam porsi yang lebih sedikit. Namun anda harus memperhatikan jam makan anda. Setidaknya, berhenti makan setelah pukul 7 malam.

Beberapa orang mengatasi obesitas dengan konsumsi obat-obatan, diet yang sangat ketat dan meminum ramuan tertentu. Sebaiknya hindari meminum obat pelangsing sembarangan karena beberapa bisa menimbulkan efek samping seperti panas, sesak nafas, jantung berdebar dan lain sebagainya. Jika anda sembarangan, bisa saja anda mendapat komplikasi penyakit. Jika memang harus menggunakan obat, maka konsultasikan ke dokter yang memang ahli dalam menurunkan berat badan. Melakukan diet ketat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali akan membuat anda menjadi lemas dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Olahraga diperlukan dalam proses menurunkan berat badan untuk mengatasi obesitas. Namun olahraga yang dilakukan harus teratur dan tidak boleh berlebihan. Melakukan olahraga tanpa henti dengan maksud supaya badan cepat kurus tentu saja tidak disarankan karena justru akan membuat anda capai. Hal ini akan menimbulkan lapar yang amat sangat pada diri anda, sehingga niat anda untuk menurunkan berat badan menjadi tidak terlaksana. Yang ada anda malah berakhir dengan makan dua kali lipat lebih banyak daripada seharusnya sehingga malah bertambah berat badan anda. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *