Cara Memutihkan gigi dengan pembersih dan pemutih alami

cara memutihkan gigi

cara memutihkan gigi

Gigi yang putih selalu menjadi dambaan setiap pria dan wanita untuk menambah kepercayaan diri. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya bila anda datang dalam sebuah pesta, lalu anda mendapati seorang wanita yang cantik sekali. Ketika itu anda berinisiatif untuk mengajaknya berkenalan. Beruntung bagi anda, wanita itu tidak menolak, ia menyambut uluran tangan anda dengan senyum tersungging di bibirnya. Dan bagaimana perasaan anda jika ternyata gigi wanita itu kusam bahkan cenderung berwarna kuning? Meskipun kepribadian wanita tidak bisa dinilai dari gigi, namun sedikit atau banyak pasti mempengaruhi penilaian pria terhadap wanita tersebut.

Penyebab warna gigi kusam

Warna gigi yang kusam dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu genetik dan makanan dan minuman yang dikonsumsi atau disebut chromogenic agent. Kalau masalah genetik, kita tidak bisa membahas, karena itu hubungannya dengan masalah keturunan, nenek moyang di masa lalu. Sedangkan obat yang mengandung tetrasiklik, kopi, tembakau, anggur merah adalah beberapa jenis konsumsi yang dapat mempengaruhi warna pada gigi kita. Terutama tembakau dalam bentuk rokok dan kopi yang dapat membuat gigi menjadi kusam kecoklatan.

Pada zaman modern ini sudah banyak cara memutihkan gigi, berbagai macam metode dengan hasil yang bervariasi. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi yang sudah mengandung pemutih di dalamnya. Selain itu ada cara tradisional dengan bahan alami untuk memutihkan gigi dan juga terdapat cara modern dengan berbagai metode yakni whitening, bleeching atau invisalign.

Pemutih Gigi Alami

Alternatif cara memutihkan gigi secara alami adalah menggunakan gelagah, suatu jenis ilalang yang mirip tebu. Batang gelagah mengandung satu pemutih alami yakni siponin merupakan sejenis sabun yang dapat menarik kotoran keluar dari semua permukaan hingga bersih. Pemutihan gigi dengan cara menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih tentu saja lebih mudah digunakan, namun hasilnya relatif lebih lama, tergantung dari rajin tidaknya kita gosok gigi. Namun mesti hati-hati dalam memilih merek pasta gigi, karena banyak juga beredar pasta gigi yang mengandung bahan berbahaya bagi gigi dan mulut.

pemutih gigi

Masyarakat dihimbau untuk tidak mudah percaya dengan iming-iming harga murah. Saat ini banyak produk yang bisa dibilang ilegal masuk ke Indonesia. Memang produk ini murah harganya, namun bisa berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Bukan gigi putih yang didapat, malah bisa-bisa keluar duit buat berobat. Alternatif pemutih gigi yang lain adalah menggunakan siwak. Siwak itu sendiri adalah sejenis dahan atau akar kayu sugi. Sebuah studi ilmiah di tahun 2003 pernah mengungkapkan bahwa siwak lebih baik daripada pasta gigi, selama penggunanya tahu bagaimana cara menggunakan siwak dengan baik dan benar.

Nah, silahkan dipilih sendiri bahan apa yang anda gunakan untuk memutihkan gigi. Satu saja aturan berpikirnya, jika anda tidak suka menunggu, tidak sabar, anda bisa menggunakan zat kimia, menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih. Namun jika anda adalah tipe orang yang sabar dan ingin hasil maksimal, gunakan cara alami. (iwan)

Facebook Comments

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *