Cara memiliki berat badan ideal – bagian pertama

cara memiliki berat badan ideal

Cara memiliki berat badan ideal

Berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Sepertinya tidak ada seorangpun yang ingin memiliki berat badan yang kurang atau berlebih, tentu saja terkecuali untuk tujuan tertentu semacam menjadi orang tergemuk atau terkurus di dunia. Namun tentu saja ini hanya sedikit orang yang melakukannya. Sebenarnya, meraih dan menjaga berat badan ideal itu tidak mudah, namun juga tidak sulit. Meraih dan menjaga berat badan ideal harus dilakukan secara bersamaan.

cara memiliki berat badan ideal

Tentu saja hal ini bukan hanya demi penampilan semata, akan tetapi berpengaruh pada kesehatan. Berat badan ideal membuat orang menjadi lebih sehat dan harapan hidup yang panjang. Orang yang berat badannya ideal biasanya lebih aktif dan orang yang aktif umumnya tidak mudah sakit dan terhindar dari penyakit degeneratif. Berikut adalah beberapa hal penting yang sangat berpengaruh dalam mencapai berat badan ideal.

Nutrisi harus seimbang

Hal yang terpenting dalam menurunkan atau menaikkan berat badan hingga ideal adalah asupan nutrisi yang seimbang. Untuk mendapatkan nutrisi seimbang memang tidak mudah, alasannya antara lain:

  1. Kita tidak punya waktu dan tempat untuk menanam bahan makanan sendiri.
  2. Sekarang ini sudah hampir mustahil menemukan lingkungan yang bebas polusi.
  3. Tidak adanya waktu untuk mengolah dan memasak semua bahan makanan yang dibutuhkan tiap hari.

Oleh sebab itu kita paling tidak dapat menemukan nutrisi yang terbaik bagi kita dengan usaha yang kita bisa saja. Misalnya adalah menguasahakan bahan makanan organik dan memperdalam cara masak yang baik, cepat dan tepat.

Memiliki gaya hidup aktif

Gaya hidup aktif adalah penting untuk memperoleh berat badan ideal, utamanya dari berat badan berlebih. Anda harus menjadi orang yang aktif, sehingga jumlah kalori yang terbakar sesuai dengan asupan sehingga dapat memudahkan mendapatkan berat badan yang ideal dengan cepat. Gerak tubuh dalam aktivitas juga dapat menunjang kegiatan olahraga anda. Beberapa contoh aktivitas yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal adalah:

  1. Memarkir kendaraan di tempat yang cukup jauh atau jika menggunakan kendaraan umum, turunlah beberapa puluh atau ratus meter dari tempat tujuan anda. Kedua hal diatas akan membuat anda berjalan kaki untuk membakar kalori. Atau anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta api, sehingga membuat anda bisa berjalan menuju stasiun dan memilih gerbong. Anda bisa lakukan hal tersebut setidaknya seminggu dua kali.
  2. Biasakan menggunakan tangga darurat, jangan lift. Hal ini akan membuat anda berjalan kaki, seperti berolahraga. Hal ini sepertinya sepele, namun tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Biasakan berjalan kaki untuk ke tempat-tempat yang kurang dari 500 meter, jangan sedikit-sedikit naik motor. Selain hemat bahan bakar, jantung anda pun sehat.
  3. Anda dapat membiasakan diri mencuci piring sendiri. Kegiatan ini memang sepele dan ringan, namun sudah tidak banyak dilakukan, utamanya bagi mereka yang memiliki asisten rumah tangga. Anda juga dapat mencuci baju secara manual untuk menambah kegiatan. Paling tidak, lakukan kegiatan ini seminggu sekali. Selain menyehatkan, mencuci dapat membakar kalori dalam tubuh.

Demikian adalah beberapa hal sepele namun penting dalam mendapatkan berat badan yang ideal. Kami akan membahas lanjutannya dalam artikel selanjutnya, semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://health.detik.com/read/2012/08/15/165443/1992441/775/jangan-stres-kalau-tak-punya-badan-ideal-ini-triknya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *