Cara memiliki berat badan ideal – bagian kedua

berat badan ideal

berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal seperti para selebritis tentu saja tidak mudah, namun juga tidak sulit. Dalam artikel yang lalu kita telah membahas dua cara memiliki badan ideal yakni menata nutrisi seimbang dan bergaya hidup aktif. Saat ini kita akan membahas cara yang lainnya. Silahkan disimak di bawah ini.

Berat badan ideal dengan memperbaiki pola makan

Memang tidak mudah untuk memilih makanan yang baik, apalagi jika kita harus menghitung jumlah kalori yang masuk dalam tubuh secara tepat. Tentu saja ini cukup merepotkan dan sulit dilaksanakan. Namun jangan khawatir, kita tetap dapat menyiasatinya dengan cara sebagai berikut.

  1. Mengurangi makanan putih

Makanan putih yang dimaksud adalah beberapa makanan yang mayoritas berwarna putih. Makanan tersebut misalnya nasi, gula, garam, karbohidrat buruk seperti tepung, roti, mie dan pasta. Yang terbaik bukan menghilangkan, namun mengurangi. Anda tetap membutuhkan kandungan yang terdapat di dalamnya, sehingga jangan dihilangkan. Cobalah alternatif yang lebih menyehatkan seperti kentang, ketela dan jagung. Jenis makanan ini memiliki beberapa kelebihan yakni karbohidrat tinggi namun kadar gula rendah.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayuran bisa menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh, sedangkan buah mengandung bermacam nutrisi yang baik untuk regenerasi sel dan sistem pertahanan tubuh. Seperti misalnya tomat yang mengandung vitamin A dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Konsumsi buah secara rutin dapat menangkal serangan penyakit dari luar, utamanya virus dan bakteri.

  1. Perbanyak asupan protein

Protein membuat kita kenyang lebih lama dan bisa digunakan sebagai pembentuk massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh manusia. Protein memang harus diperbanyak dengan cara memakan makanan seperti tempe, tahu, putih telur, daging ayam (minus kulit) dan ikan. Namun yang perlu dihindari adalah protein dari daging yang berwarna merah.

Berat badan ideal dengan olahraga

Olahraga adalah saran klasik untuk kesehatan dan badan ideal namun berguna sekali. Olahraga dapat mereduksi jumlah lemak dalam tubuh kita melalui pembakaran kalori. Olahraga yang banyak membakar kalori salah satu contohnya adalah berenang. Olahraga ini dipercaya bisa membakar separuh lemak tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Namun olahraga harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Selain itu, olahraga juga membantu pernafasan dan jantung anda sehingga menjadi lebih sehat.

Berat badan ideal dengan menghindari alkohol, rokok dan kafein

Cara terakhir untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menghindari segala hal yang merusak kesehatan seperti merokok, minum kopi berlebih dan minuman keras. Rokok terbukti mengandung 400 lebih zat yang beracun. Kesemua bahan ini dapat menghambat metabolisme tubuh anda sehingga juga menghambat usaha anda dalam memperoleh berat badan yang ideal.

Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://health.detik.com/read/2012/08/15/165443/1992441/775/jangan-stres-kalau-tak-punya-badan-ideal-ini-triknya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *