Cara Memilih Pembersih Wajah yang Sesuai Jenis kulit kita

cara memilih pembersih wajah

Artikel kesehatan, Siapa orang yang tak ingin kulitnya halus mulus dan indah? Tentu saja setiap orang menginginkannya, baik pria maupun wanita, meskipun wanita lebih menginginkan hal ini sebagai fokus daripada pria, terutama kulit wajah. Satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap bagus adalah menggunakan produk pembersih atau cleanser yang sesuai dengan jenis kulit anda. Tidak semua orang paham dengan jenis kulitnya sendiri, sehingga seringkali salah pilih. Padahal salah pilih produk pembersih bisa dilihat langsung akibatnya pada kulit, seperti kulit berminyak berlebihan, timbulnya jerawat, hingga kulit menjadi kering dan gatal-gatal.

cara memilih pembersih wajah

 

Untuk itu penting bagi kita mengetahui jenis kulit yang kita miliki. Coba simak penjelasan berikut ini:

Kulit normal
Ciri-ciri dari kulit normal adalah halus dan mulus ketika disentuh, kadar air dan minyak yang ada seimbang serta pori-porinya kecil. Untuk perawatan jenis kulit ini anda bisa menggunakan pembersih wajah dengan komposisi bebas sabun. Bisa juga anda menggunakan pembersih wajah yang memiliki pH netral sehingga tidak terjadi reaksi di kulit wajah anda.

Kulit kering
Menurut National Skin Institute Australia, kulit jenis ini biasanya tidak selalu terlihat kering melainkan kadang bersisik dan beberapa area terlihat lebih gelap. Ada banyak faktor yang mengakibatkan kulit menjadi kering, misalnya paparan penyejuk udara terus menerus atau kurangnya minum air. Untuk kulit kering, hindari pembersih berjenis foam atau busa karena justru akan membuat kulit menjadi kering. Gunakan pembersih lembut yang mengandung butiran scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Kulit berjerawat
Jerawat tidak hanya dialami oleh kaum remaja, orang dewasa pun juga masih bisa berjerawat. Carilah pembersih khusus untuk kulit yang berjerawat. Lebih baik lagi jika pembersih ini dapat mengikis kulit mati dan menurunkan kadar minyak pada kulit. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi, juga konsultasikan ke dokter jika tidak menemukan solusi sehingga jerawat anda semakin bertambah.

Kulit sensitif
Kulit ini adalah kulit yang tidak konsisten, terkadang kering namun suatu ketika lambat sekali. Kulit ini akan bermasalah jika anda salah memilih produk pembersih. Gunakan produk pembersih yang mengandung bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan reaksi pada kulit anda.

Kulit yang menua
Biasanya ini dialami pada pria dan wanita setelah usi 30 tahunan. Penggunaan produk pembersih yang tepat dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit. Produk yang tepat dapat membantu anda tampil cerah dan segar meskipun usia sudah tidak muda. Pastikan pembersih yang anda gunakan memiliki komposisi bahan anti-aging di dalamnya.

Demikian jenis kulit dan cara memilih produk pembersih yang sesuai. Diharapkan setelah membacanya anda bisa lebih paham dan tidak salah memilih produk pembersih lagi. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *