Cara membersihkan pagina dengan baik dan benar – bagian ketiga

admin July 18, 2012 0


Seperti yang kami singgung sebelumnya, kebersihan dan kesehatan pagina sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental wanita secara keseluruhan. Untuk itu sangat perlu bagi wanita dewasa mendapatkan pengetahuan yang benar tentang masalah kebersihan pagina. Setelah kami membahas banyak hal dalam dua artikel kami sebelumnya, ternyata masih ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian wanita dewasa, dan inilah beberapa diantaranya:

cara merawat pagina

Menjaga kondisi mental. Masalah yang ada harus cepat anda selesaikan, jangan anda biarkan menumpuk di dalam pikiran. Jika memungkinkan, ajaklah teman untuk bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Stres tidak baik untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan pagina di dalamnya. Stres dapat memicu hormon yang merugikan bagi pagina. Perawatan pagina yang anda lakukan bisa tidak berguna jika anda mengalami stres. Dengan memelihara mental anda menjadi segar, metabolisme lancar, maka pagina anda pun sehat.

Penggunaan pantyliner. Ketika anda sedang beraktivitas berat, penggunaan pantyliner adalah pilihan yang baik untuk menjaga pagina tetap kering dari keringat dan membatasi pertumbuhan kuman. Namun akan menjadi tidak baik ketika terlalu sering menggunakan pantyliner. Lepas pantyliner ketika anda sudah tidak beraktivitas berat. Gunakan pantyliner seperlunya saja, jangan setiap waktu anda memakainya. Gunakan pantyliner yang tidak mengandung wewangian karena tidak baik bagi kesehatan pagina dan sering-seringlah mengganti pantyliner, yang disarankan adalah 4 jam sekali.

Memilih pembalut yang baik. Pembalut yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit pagina dan sekitarnya dalah pembalut yang baik untuk dipilih. Gunakan pembalut yang berbahan halus dan hindari yang mengandung bahan “jelly”. Darah haid yang menempel di pembalut sudah mengandung kuman, jangan menumpuk kuman lebih lama lagi meskipun pembalut berbahan jelly memang nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

Membersihkan pagina. Cara membersihkan pagina yang benar adalah dengan mengusapnya dari depan ke belakang. Cara membersihkan pagina dari belakang ke depan itu adalah cara yang salah karena dapat menyebabkan kotoran yang mungkin ada di dubur berpindah ke bagian depan, ke daerah pagina. Membersihkan pagina dengan air hangat kuku juga biak bagi pagina. Membersihkan dengan lap kain yang lembut dapat mengurangi kemungkinan iritasi dan luka. Dan yang tak kalah penting adalah memastikan pagina tetap kering ketika anda menggunakan kembali celana dalam setelah buang air besar dan buang air kecil. Pagina yang basah akan memperburuk keadaan pagina yang sudah lembab. Bakteri dan jamur akan semakin mudah berkembangbiak.

Yang terakhir adalah jangan menggunakan bedak untuk mengurangi gesekan karena justru membuat pagina kotor. Sebagai wanita dewasa, memperhatikan kesehatan pagina dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga aktivitas yang dijalani dapat dilakukan dengan maksimal. Kesehatan adalah segalanya. (iwan)

 

Leave A Response »