Cara Melangsingkan tubuh pasca melahirkan – bagian kedua

melangsingkan tubuh setelah melahirkan

Pada bagian pertama telah dibahas bahwa cara melangsingkan tubuh secara alami setelah melahirkan harus dimulai dari saat hamil, yakni dengan metode hamil sehat. Hamil sehat ini dilakukan dengan mengukur secara tepat kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil supaya tidak makan berlebih dan menjadi lemak. Nah, metode hamil sehat ini juga dapat diteruskan setelah melahirkan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing kembali setelah melahirkan.

melangsingkan tubuh setelah melahirkan

Langsing alami pasca melahirkan: ASI ekslusif

Pemberian ASI eksklusif kepada bayi adalah kurang lebih 6 bulan sejak dilahirkan. Hal ini akan membuat berat badan ibu menurun secara bertahap dengan catatan seorang ibu harus menerapkan pola makan yang sama dengan hamil sehat. Pola makan yang sehat adalah pola makan yang disesuaikan dengan asupan gizi yang seimbang. Selain itu, pemberian ASI esklusif juga mempererat jalinan emosional antara ibu dan anak. ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi karena nantinya juga akan mempengaruhi kecerdasan si anak.

Langsing alami pasca melahirkan: Mengasuh bayi sendiri

Mengasuh bayi yang dilahirkan sendiri tentu memiliki rasa kebahagiaan di dalamnya. Pada awalnya memang seorang ibu tidak dapat merasakan karena beberapa faktor dari individu masing-masing. Namun dengan berjalannya waktu, seorang ibu akan merasakan bahwa mengasuh dan merawat bayi sendiri menimbulkan semacam perasaan bahagia. Selain menimbulkan rasa bahagia, mengurus semua keperluan bayi memerlukan energi sehingga mempercepat penurunan berat badan. Namun harus bijaksana dalam menentukan kegiatan apa yang bisa diatasi sendiri dan kegiatan apa yang harus dibantu orang lain. Jangan sampai ibu kelelahan sehingga berdampak pada produksi ASI dan daya tahan tubuh. Dapat dikatakan bahwa mengasuh bayi adalah kegiatan olahraga bagi itu, jadi harus dilakukan dengan bijaksana.

Langsing alami pasca melahirkan: Tetap menerapkan pola makan sehat

Ibu hamil membutuhkan energi dan asupan gizi yang besar dalam memproduksi ASI. Beberapa makanan yang disarankan untuk menjaga kualitas ASI adalah daun singkong rebus, daun katuk, daun pepaya dan sebagainya. Makanan ini adalah sayuran yang sangat dianjurkan bagi ibu yang menyusui. Lalapan atau salad juga baik untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Namun jangan lupa untuk menjaga pola makan dengan asupan protein tinggi dan produk susu. Hal ini supaya ASI memiliki kualitas yang sempurna untuk sang bayi. Ibu hamil dan ibu menyusui pada dasarnya sama, yakni harus mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi. Maka dari itu ibu yang sedang menyusui tidak diperkenankan untuk diet. Yang penting menjadi perhatian adalah kesehatan ibu dan bayi saat masih menyusu dalam masa perkembangan.

Langsing alami pasca melahirkan: Olahraga ringan teratur

Olahraga ringan seperti jalan-jalan dan Yoga boleh dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui, bahkan dianjurkan. Bagi ibu menyusui, terutama selepas melahirkan, olahraga ringan ini akan membuat berat badan menyusut secara normal dan mengencangkan kulit tubuh. Tidak perlu jauh-jauh, sembari menggendong bayi, ibu dapat berjalan-jalan di sekitar rumah saja. Selain itu, olahraga ringan ini juga untuk menghindari baby blues, yakni kondisi depresi ibu pasca melahirkan.

Demikian adalah beberapa cara melangsingkan tubuh secara alami pasca melahirkan. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.anneahira.com/cara-langsing-alami.htm

Facebook Comments

1 Comment

  1. Melangsingkan

    Sangat Berguna Sekali Infonya. Terima kasih sudah berbagi. Semoga saja yang posting artikel ini semakin sukses. Aminn…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *