Cara mandi yang benar supaya kelembaban kulit tidak hilang

Cara mandi yang benar agar kulit sehat lembab

Cara mandi yang benar agar kulit sehat lembab
Mandi sudah menjadi kebutuhan dasar manusia. Mandi merupakan instrumen kesehatan berupa pembersihan diri secara total dengan air disertai bahan-bahan lain yang difungsikan sebagai agen pembersih. Mandi juga merupakan sebuah terapi yang dapat mengendurkan ketegangan dan meredakan stress. Namun tentu saja mandi ada batasannya karena jika berlebihan akan merugikan tubuh. Mandi yang baik tidak akan mengurangi kelembaban kulit atau membuat kulit kering. Mandi yang terbaik adalah dua kali dalam sehari yakni sebelum dan sesudah beraktifitas.

Supaya mandi atau pembersihan tubuh yang lain tak menghilangkan kelembaban kulit, anda baiknya memilih produk dan cara yang tepat dalam merawat tubuh. Cara mandi yang baik dan benar meliputi cara menggunakan sabun mandi, penggunaan air dan cara membilas tubuh dari sisa sabun. Jika benar maka tidak akan membuat kulit menjadi kering. Demikian yang disampaikan oleh dokter spesialis kulit dr Abraham Arimuko SpKK. Masih menurut dr Abraham, mandi bisa menyebabkan kulit menjadi kehilangan kelembabab jika orang terlalu kuat menggosok tubuhnya dengan sabun. Selain itu penggunaan air hangat yang terlalu tinggi suhunya juga dapat menyebabkan kulit kering setelah mandi. Scrubbing atau menggosok tubuh juga tidak boleh terlalu sering karena bisa menghilangkan kelembaban kulit.

Dikutip dari dr Abraham, cara yang terbaik adalah gunakan air hangat yang suhunya sesuai suhu tubuh, maksimal 38 derajat celsius. Produk pembersih tubuh yang memiliki pelembab dapat menggantikan pelembab alami dari kulit untuk sementara. Cara pembilasan sisa sabun saat mandi juga mempengaruhi kelembaban kulit. Jangan membilas dengan air terus menerus hanya dikarenakan kulit terasa licin setelah pemakaian sabun. Hal ini akan menghilangkan kelembaban kulit, baik yang alami maupun yang berasal dari produk perawatan tubuh yang anda gunakan. Sebaiknya anda tidak membersihkan tubuh dnegan air sehingga kulit terasa kesat.

Namun bukan berarti anda boleh membilas ala kadarnya. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel, namun biarkan saja kulit sedikit licin. Sisa sabun yang menempel dapat menyebabkan iritasi atau gangguan kulit. Setelah mandi kita disarankan untuk menggunakan pelembab. Tidak ada salahnya menggunakan pelembab setelah mandi dan beberapa jam sebelum tidur untuk menjaga kulit anda tetap lembab. Sebagai tambahan informasi, kulit yang kering gampang terluka dan bakteri dapat masuk ke sela-selanya. Sehingga kulit yang lembab sempurna dapat menjaga kesehatan anda.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *