Cacat Mata Rabun Dekat dan Rabun Jauh Serta Cara Menyembuhkan

Cacat Mata Rabun Dekat dan Rabun Jauh Serta Cara Menyembuhkan

Cacat Mata Rabun Dekat dan Rabun Jauh Serta Cara Menyembuhkan
Mata merupakan alat optik alami. Mata tidak dapat digunakan untuk mengamati benda-benda tertentu, misalnya benda yang berukuran sangat kecil dan berada pada jarak yang sangat jauh. Pada sebagian manusia, mereka memiliki mata dengan kemampuan tidak normal atau cacat. Menurut dr. Purnamawati, SpAK, MMPaed, cacat mata bisa disebabkan oleh kondisi organ mata yang rusak maupun berubahnya kemampuan daya akomodasi mata. Perubahan posisi titik dekat dan titik jauh penglihatan juga berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Beruntunglah saat ini telah ditemukan beberapa alat optik buatan manusia yang berguna untuk membantu penglihatan. Misalnya: kacamata, lup, mikroskop, teleskop, dan lain-lain. Untuk para penderita rabun jauh dan rabun dekat pun telah ditemukan jenis kacamata yang bisa membantu memulihkan penglihatan mereka. Bagaimana penyakit rabun dapat disembuhkan dengan penggunaan kacamata?

Rabun jauh atau terang dekat (miopi)

Manusia yang mengalami cacat mata rabun jauh memiliki titik dekat penglihatan kurang dari 25 cm dan titik jauh dalam jarak tertentu. Mereka dapat melihat dengan jelas benda-benda yang berjarak sekitar 25 cm. Tetapi mereka tidak dapat melihat benda-benda berjarak jauh. Hal ini disebabkan karena lensa mata penderita rabun jauh tidak dapat menjadi lebih pipih sehingga benda-benda yang berjarak jauh bayangannya terbentuk di depan retina.
Rabun jauh atau terang dekat miopi
Penyakit rabun jauh dapat ditolong dengan menggunakan kacamata cekung. Bagaimana kacamata cekung bisa menolong penderita rabun jauh? Prinsip kerja kacamata cekung adalah sebelum tiba di mata, cahaya dipancarkan oleh lensa cekung sehingga bayangan benda jatuh tepat pada retina. Dengan menggunakan kacamata berlensa cekung seorang penderita rabun jauh akan bisa melihat lagi seperti kondisi normal.

Rabun dekat atau terang jauh (hipermetropi)

Orang yang memiliki penglihatan rabun dekat mempunyai titik dekat penglihatan lebih dari 25 cm dan titik jauh penglihatan tak terhingga. Penderita rabun dekat dapat melihat dengan jelas keberadaan benda-benda berjarak jauh walaupun tanpa berakomodasi. Namun sayangnya mereka tidak dapat melihat benda-benda berjarak dekat sehingga membutuhkan alat bantu penglihatan.
Rabun dekat atau terang jauh hipermetropi
Mengapa penderita rabun dekat tidak dapat melihat benda-benda berjarak dekat? Hal tersebut disebabkan karena lensa mata penderita rabun dekat tidak dapat menjadi lebih cembung sehingga benda-benda yang berjarak dekat bayangannya terbentuk di belakang retina. Manusia yang menderita rabun dekat dapat ditolong dengan menggunakan kacamata cembung. Sebelum tiba di mata, cahaya dikuncupkan oleh lensa cembung sehingga bayangan benda jatuh tepat pada retina.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *