Buah-buahan yang baik bagi penderita Diabetes

admin August 31, 2012 0


Sudah kita tahu dengan pasti bahwa penderita diabetes tidak dapat mengkonsumsi sembarangan makanan. Mereka harus mengontrol makanan yang diasup, termasuk buah-buahan. Kami akan membahas buah-buahan yang baik bagi penderita diabetes.

Buah-buahan untuk penderita diabetes

Buah Anggur

Anggur memiliki indeks glikemik yang rendah dan dapat menurunkan tingkat gula darah secara alami. Anggur sudah dibudidayakan di timur tengah sejak 4000 tahun sebelum masehi. Buah ini berkembang pesat karena perjalanan para penjelajah Eropa ke seluruh dunia dengan membawa buah ini. Para ahli kesehatan menyarankan untuk memakan buah anggur beserta kulit dan bijinya karena semua mengandung zat yang berbeda dan unik.

Buah Apel

Apel mengandung pektin yang tinggi. Pektin ini merupakan senyawa yang membantu detoksifikasi dan mengurangi glukosa dalam tubuh. Pektin ini terkandung dalam kulit dan daging apel. Selain itu apel juga mengandung vitamin B1 yang dapat mencegah kerusakan sel otak karena asidosis diabetes. Apel pertama kali ditanam di Asia tengah dan dibawa ke Amerika Utara pada abad 17 oleh koloni Amerika. Apel Washington terkenal karena pada awal abad 20, negara bagian Washington meluncurkan proyek irigasi untuk membangun industri buah skala besar dan buah yang pertama kali ditanam adalah apel.

Buah Avokad

Avokad dapat mengurangi kolesterol pada penderita diabetes dengan mempertahankan trigliserida dalam darah. Avokad juga mengandung lemak sehat dan rendah karbohidrat sehingga mengurangi resiko diabetes tipe 2. Avokad juga mengandung cukup vitamin E sehingga meningkatkan insulin dan dan menghambat pengikatan glukosa menjadi lopoprotein low density. Avokad sendiri berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Orang yang pertama kali mengenalkan avokad pada orang Eropa adalah Martin Fernandez de Ensico pada tahun 1519. Sedangkan avokad diperkenalkan orang Belanda di Indonesia pada akhir abad ke 19.

Buah Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang berasal dari Brasil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji ini memiliki serat dan vitamin C yang tinggi. Serat dapat mengontrol kolesterol dalam darah, sedangkan vitamin C dapat mengontrol gula darah sehingga meringankan gejala diabetes.

Buah Jeruk

Jeruk adalah buah asli Asia Tenggara dan Asia Timur. Jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara sedangkan jeruk manis dan lemon berasal dari Asia Timur. Jeruk memiliki serat dan vitamin C yang tinggi. Kedua zat ini dapat mengontrol kandung gula dalam darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi tiga buah jeruk dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buah Markisa

Markisa berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Markisa masuk ke Indonesia diperkenalkan oleh Belanda pada awal abad ke 19. Markisa mengandung banyak sekali vitamin C yang mana dapat mengatur kadar gula dalam darah.

Buah Melon

Melon aslinya berasal dari Lembah Persia di Mediterania. Melon menyebar ke Eropa dan Timur tengah. Pada tahun 1970, Melon masuk ke Indonesia. Saat itu Melon menjadi buah yang mahal dan bergengsi. Melon mengandung serat, vitamin B1, B2 dan C yang berguna dalam mengatur gula darah dalam tubuh.

 

Leave A Response »