Buah-buahan, sayuran dan minuman yang mendukung program diet

Buah-buahan, sayuran dan minuman yang mendukung program diet

Buah-buahan, sayuran dan minuman yang mendukung program dietMakanan adalah sumber energi yang diperlukan oleh tubuh untuk beraktifitas, oleh karena itu makanan yang dikonsumsi harus bergizi tinggi dan akan lebih baik apabila makanan tersebut juga rendah kalori, sehingga tubuh akan tetap mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut tanpa adanya rasa was-was akan meningkatnya berat badan.

Apalagi bila Anda sedang melaksanakan diet untuk menurunkan bedan badan Anda, saya akan memberikan beberapa makanan yang akan mendukung diet yang Anda lakukan, beberapa makanan dibawah ini saya lansir dari detikHealth.

1. Oat (gandum)

Oat merupakan sumber serat alami yang kaya, dengan mengkonsumsi ini Anda akan merasa kenyang sepanjang hari. Hanya mengkonsumsi setengah cangkir kemasan 4,6 gram, Anda telah mendapatkan karbohidrat yang sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah-buahan yang sebenarnya mengandung lemak, tapi meski demikian lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak yang sehat. Dalam lemak yang terkandung dalam alpukat mengandung asam oleat yang dapat membantu merasa kenyang sepanjang hari.

3. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein hewani yang dapat membantu Anda merasa kenyang tanpa menambah lemak.

4. Bluberi

Bluberi merupakan buah-buahan yang dikenal sebagai anti-aging yang baik. Bila Anda mengkonsumsi bluberi satu cangkir, berarti Anda telah mengkonsumsi 4 gram serat dan dalam secangkir bluberi tersebut hanya mengandung 80 kalori.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang dikenal sebagai anti-kanker. Brokoli dapat dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak atau bisa juga dicampur dengan bahan makanan lain sesuai selera Anda.

6. Beras merah

Beras merah adalah sumber serat yang baik, jauh lebih baik daripada beras putih biasa. Beras merah merupakan suatu karbohidrat yang sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

7. Pir

Pir adalah salah satu buah yang baik untuk diet, menurut hasil studi menemukan bahwa, wanita yang mengkonsumsi 3 buah pir sehari akan mendapatkan kalori lebih sedikit dan dapat menghilangkan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak mengkonsumsi.

8. Kacang almond

Kacang almond juga salah satu makanan yang baik untuk program diet Anda, kacang almond dapat membantu menurunkan berat badan.

9. Teh hijau

Seperti yang telah banyak dikenal orang, teh hijau memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat mempermudah menurunkan berat badan, karena teh hijau dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga dapat membakar lemak dan kalori. Satu hasil studi menemukan bahwa, 5 cangkir teh hijau sehari dapat membantu menurunkan berat badan dua kali lebih banyak.

10. Pisang

Pisang merupakan buah yang juga memiliki banyak gizi selain baik untuk pencernaan pisang juga baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi pisang juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membakar lemak dan kalori.

11. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang dapat mengurangi nafsu makan. Dari suatu studi menyatakan bahwa, wanita gemuk yang sarapan telur dapat kehilangan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi telur.

12. Cokelat murni

Banyak orang menganggap bahwa mengkonsumsi coklat dapat menambah berat badan, sebenarnya  itu anggapan yang salah karena yang menambah berat badan bukan coklat itu sendiri tetapi gula yang terdapat dalam coklat tersebut. Sebenarnya coklat murni merupakan makanan yang baik untuk diet, dengan mengkonsumsi cokelat dapat memperlambat pencernaan sehingga dapat merasa kenyang lebih lama.

13. Jeruk

Selain mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imunitas tubuh, jeruk juga mengandung serat tinggi. Jeruk dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

14. Kentang

Kentang merupakan alternatif makanan pokok pengganti nasi yang baik karena tingginya karbohidrat yang terkandung didalamnya. Kentang dapat mengenyangkan tiga kali lebih lama daripada nasi.

15. Keju

Keju merupakan makanan olahan dari susu, keju mengandung asam lemak yang dapat membantu merasa kenyang dan membakar lebih banyak lemak.

16. Susu rendah lemak

Karena susu merupakan asal dari keju maka susu juga mengandung asam lemak, dan protein susu yang dapat membuat merasa kenyang. Susu dengan tambahan kalsium juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita dapat membakar lemak dan kalori lebih banyak ketika mereka mengonsumsi 1.000-1.400 miligram kalsium per hari.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *